Waspada
Waspada » Honda Bagikan Pertanda Motor Harus Servis
Otomotif

Honda Bagikan Pertanda Motor Harus Servis

SEBAGAI armada yang digunakan untuk menemani aktivitas harian, motor sangat membutuhkan perawatan di tangan ahlinya. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Kondisi motor menjadi salah satu faktor penting dalam upaya menjaga keselamatan penggunanya saat berkendara di jalan raya.

Sebagai bagian dalam rangkaian ritual safety riding, PT Indako Trading Coy selaku Main Dealer Honda di wilayah Sumut tidak hentinya menyarankan pecinta setianya untuk selalu melakukan pengecekan motor dan fungsi sejumlah komponennya sebelum mulai berkendara.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy mengungkapkan, sebagai armada yang digunakan untuk menemani aktivitas harian, motor sangat membutuhkan perawatan di tangan ahlinya yaitu para mekanik dari bengkel resmi AHASS.

Namun sayangnya tidak semua pemilik motor memahami akan kebutuhan dari kendaraannya, sehingga jadwal servis motor akhirnya terabaikan.

Karena faktanya banyak motor yang lama tidak diservis, sehingga tidak hanya akan lebih cepat rusak, namun juga membahayakan pengemudi saat berkendara.

Untuk memudahkan para pengguna motor sebenarnya terdapat sejumlah tanda yang menunjukkan motor harus segera diservis dan mengalami perbaikan.

Karena apabila dibiarkan, maka motor bisa saja mogok kapan saja dan biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan jauh lebih besar.

Pertama, motor susah dinyalakan di pagi hari, padahal kick starter sudah digenjot sekuat tenaga, choke udah juga ditarik, namun motor tetap diam tak menyala. Hal ini dapat djadikan salah satu tanda bahwa motor sudah dapat dibawa ke bengkel resmi AHASS untuk perbaikan.

Kedua, motor dalam kondisi prima tentunya tidak akan mati ketika gasnya dilepas. Kondisi ini sangat menjengkelkan dan perlu mendapat pemeriksaan yang baik dari sang ahli.

Ketiga, jika motor mengeluarkan suara aneh yang tidak semestinya juga dapat menjadi pertanda dibutuhkannya perawatan. Karena harus segera dicari tahu sumber bunyi aneh tersebut dan penyebab terjadinya.

Keempat, tarikan motor yang berat saat digas dan tidak melaju dengan kecepatan maksimal, maka itu menjadi pertanda motor harus dibawa ke bengkel resmi. Jangan dibiarkan karena kerusakan bisa makin parah yang berakhir mogok.

Kelima, tanda lain motor sudah perlu diservis adalah asap yang ke luar dari motor. Jika ada asap yang ke luar dari knalpot, maka hal tersebut perlu diwaspadai.

Keenam, salah satu cara paling mudah untuk mengetahui kapan motor sudah perlu diservis adalah dengan mengecek kilometer. Jika kilometernya sudah melebihi dari batas servis artinya motor sudah layak untuk masuk bengkel. Menurut ahlinya, motor sudah harus diservis setiap 2000 km sekali.

Erwin Chandra menambahkan, untuk memberikan kenyaman pada pengguna motor Honda yang ingin melakukan servis motor, maka Honda turut menghadirkan berbagai layanan istimewa, sebut saja Pit Express yang dapat memangkas waktu dari antrean panjang.

Selain itu, layanan servis booking juga turut melengkapi kemudahan yang diberikan Honda pada pecintanya. Karena tidak hanya menghemat waktu, namun pada layanan ini Honda juga sering memberikan beragam penawaran menarik berupa diskon jasa servis.

Selain itu juga ada layanan AHASS Service Kunjung (ASK) yang memanjakan pengguna motor Honda yang ingin servis berkala/reguler tanpa harus ke outlet AHASS. (adv)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2