Waspada
Waspada » Honda Apresiasi Mario Finish Keempat Seri I FIM CEV
Otomotif

Honda Apresiasi Mario Finish Keempat Seri I FIM CEV

MEDAN (Waspada): Honda mengapresiasi prestasi Mario Suryo Aji (foto depan) berhasil finish posisi keempat pada seri perdana FIM CEV Moto3 Junior World Championship, di Sirkuit do Estoril, Portugal, 25 April lalu.

Remaja 17 tahun ini hanya memiliki selisih waktu 0,060 detik dengan pebalap yang mengisi podium ketiga. Penampilan impresif di Estoril itu memperkuat tekad Mario untuk meraih podium pada balapan berikutnya.
Menurut Andy Wijaya, Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, hasil impresif pada seri perdana FIM CEV Moto3 itu menjadi bekal positif bagi Mario untuk bersaing dan berprestasi musim ini.
“Kami menyampaikan apresiasi kepada Mario dan masyarakat Indonesia yang terus mendukung pebalap binaan Honda itu untuk dapat mencetak prestasi di ajang balap internasional,” kata Andy Wijaya, Selasa (27/4).
Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara, pun ikut bangga dengan kerja keras Mario dalam upaya mengukir prestasi bagi bangsa.
“Dengan semangat Satu Hati, kami meyakini perjuangan yang dilakukan Mario di Estoril menjadi langkah positif dalam mengawali persaingan dengan pebalap muda berbakat dunia di FIM CEV musim ini,” tutur Gunarko di Medan.
Mario mengawali jalannya balapan dari posisi delapan berdasarkan hasil kombinasi catatan waktu tercepat di sesi kualifikasi. Sempat mengisi posisi keempat pada kualifikasi pertama dengan trek basah pada pagi hari, dia melorot ke posisi delapan pada sesi kualifikasi kedua di siang hari.
Pada balapan Minggu, Mario bersaing dengan 34 pebalap berbakat dari seluruh dunia. Pebalap yang mengisi posisi 1-10 terbagi pada tiga grup, aksi overtake antar pebalap di dalam grup pun tidak dapat dihindari.
Jelang empat lap terakhir, ketiga grup melebur dan persaingan semakin sengit. Mario yang semula mengisi posisi 7-9, terus memperbaiki performanya dan mulai mengamankan posisi lima besar.
Kesempatan untuk meraih podium pun semakin terbuka ketika pemuda asal Magetan ini berjibaku memperebutkan posisi ketiga. Di tikungan terakhir sebelum finish, usaha Mario membuahkan hasil.
Penggeber motor nomor 16 itu mampu mencuri posisi ketiga. Sayang kesempatan podium harus terlepas saat Mario bersaing side by side menuju garis finish. Mario meraih catatan waktu 29: 56.323, hanya selisih 1,074 detik dengan sang juara dan 0,060 detik dari posisi ketiga.
“Saya senang dengan hasil balapan hari ini, meskipun balapannya sulit dan saya sempat melakukan kesalahan di awal. Beberapa kali saya bersenggolan dengan pebalap lain hingga meninggalkan bekas ban di baju balap saya,” baber Mario.
“Pada balapan berikutnya, saya akan belajar dari kesalahan ini dan berjuang untuk meraih podium. Terima kasih atas dukungan yang diberikan dan tim yang telah menyiapkan motor dengan sempurna saat balapan,” ujarnya.
Hasil di Estoril membuat Mario mengantongi 13 poin di klasemen sementara dengan mengisi posisi keempat. Seri kedua akan dilaksanakan dengan dua kali race pada 9 Mei 2021 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. (m08)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2