Waspada
Waspada » Bahaya, Jangan Coba Berkendara Melawan Arus
Otomotif

Bahaya, Jangan Coba Berkendara Melawan Arus

PRILAKU melawan arus sangat berbahaya tidak hanya bagi si pengendara, namun juga bagi pengendara lainnya. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Saat ini masih banyak pengendara motor yang mengabaikan keselamatan saat berkendara. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pelanggaran lalu lintas yang terjadi setiap harinya.

Sebut saja pengendara motor yang kerap nekad melawan arus lalu lintas demi dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan dan menghindari kemacetan.

Padahal, prilaku melawan arus ini sangat berbahaya tidak hanya bagi si pengendara, namun juga bagi pengendara lainnya. Meski begitu, pelanggaran melawan arah seperti sudah menjadi suatu kebiasaan tersendiri.

Dimana kelalaian dan kurangnya kesadaran pengendara untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang ada tetap menjadi penyebab utama terjadinya pelanggaran berkendara.

Ismed Risya, Tim Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di Wilayah Sumut mengungkapkan, memastikan motor dalam kondisi baik sebelum berkendara merupakan hal penting untuk dilakukan, namun prilaku berkendara dan mematuhi peraturan juga tidak kalah penting untuk dicermati dengan baik.

“Terkait kesalahan melawan arus, seharusnya para pengendara lebih sadar dan berfikir penjang tentang resiko apa yang dapat terjadi dan mengancam keselamatan, bahkan nyawa menjadi taruhan,” ujar Ismed, Jumat (4/12).

Keselamatan dan kenyamanan berkendara sejatinya adalah yang utama dan menjadi penting. Berikut bahaya yang didapat jika mengendarai motor dengan melawan arus.

Pertama, bahaya yang mengintai adalah rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dimana beresiko terjadinya benturan sesama pengendara yang dapat mengancam keselamatan kedua pengendara.

Kedua, bahaya lainnya adalah jika terjadi kecelakaan, maka pengendara yang melawan arus tentunya menjadi tersangka utama dan menjadi orang satu-satunya yang disalahkan meski bukan sebagai pelaku penabrakan.

Sedangkan yang ketiga, terancam pidana dan kurungan penjara jika terjadi kecelakaan yang melibatkan pengendara motor yang melawan arus dan menyebabkan adanya korban jiwa.

“Apapun alasannya, berkendara melawan arus merupakan tindakan yang sangat berbaya, terutama jika diakukan di jalan raya yang cukup padat. Karena potensi bahaya bukan hanya bagi si pelaku saja, namun juga bisa membahayakan pengguna jalan lainnya,” tambah Ismed. (adv)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2