Waspada
Waspada » Ada Suzuki Dibalik Senyum Masyarakat Indonesia
Ekonomi Headlines Medan Otomotif

Ada Suzuki Dibalik Senyum Masyarakat Indonesia

CHRISTOPEL Naibaho pose bersama Suzuki Katana miliknya. Waspada/Arianda Tanjung
CHRISTOPEL Naibaho pose bersama Suzuki Katana miliknya. Waspada/Arianda Tanjung

USIA 50 tahun tentunya bukanlah waktu yang singkat bagi Suzuki untuk menemani masyarakat Indonesia. Terbukti, Suzuki mulai dipasarkan tahun 1976 melalui Carry Pick Up, dan untuk sepeda motor sendiri sudah dipasarkan sebelumnya melalui produk impor CBU.

Tercatat, sudah banyak produk yang diperkenalkan sekaligus ditawarkan Suzuki melalui PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada masyarakat Indonesia. Dan hingga saat ini produk-produk tersebut, seakan masih menjadi primadona bagi sejumlah orang.

Salah satunya bagi Christopel Naibaho yang merupakan pecinta Suzuki Katana. Dirinya mengakui jika senang dengan produk-produk Suzuki, salah satunya Katana ini, karena memang, kalau bagi anak muda, terlihat keren, atau istilahnya ‘cool’.

“Ini tidak terlepas dari tampilannya yang kece dan mesinnya yang bandel. Kalau punya saya ini keluaran tahun 1992, tapi mesinnya masih oke hingga saat ini,” terangnya, Kamis (15/10).

“Untuk Jimny Katana, kenapa aku suka karena modelnya klasik, terus gampang dimodifikasi sesuai selera dan tampilannya tetap tidak kalah meski umur mobil tua,” tambahnya sembari berkata bila sudah memakai Katana sejak 8 tahun silam.

Dikatakan, untuk perawatannya juga gampang. bensin juga irit karena hanya 1000 cc. “Urusan mesin pastinya kuat, spare part juga banyak dan mudah dicari yang penting dana ada,” kata pria yang berprofesi sebagai jurnalis ini.

Hal senada dikatakan pengguna Suzuki Ertiga, Ilyas Pasaribu, yang menilai sudah menyukai produk Suzuki sejak duduk di bangku SLTA.

“Sejak SMA dulu memang udah suka produknya Suzuki. Secara pribadi sih suka mesinnya,” kata pria yang berusia 29 tahun tersebut.

Hanya saja dirinya berharap ke depan untuk produk keluaran terbaru agar memiliki modifikasi yang lebih mengikuti selera anak muda. “Catatan saya sebenarnya hanya tampilannya saja, kalau bisa lebih ke anak mudaan. Selebihnya sih sudah oke,” ujarnya.

4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra mengatakan bila sebagai salah satu APM ternama di Indonesia, Suzuki dalam hal ini PT SIS tidak hanya berkontribusi untuk mendukung kemajuan ekonomi. Namun juga berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai pilar ketiga Suzuki, yaitu basis produksi Suzuki terbesar ke-3 di dunia.

“Dengan hal ini, maka akan terjadi alih teknologi dan keahlian, serta penyerapan tenaga kerja yang banyak. Tentunya ini menjadi salah satu kontribusi untuk Indonesia yang jelas dan nyata,” terangnya.

Diakui bila Suzuki saat ini menjadi salah satu top of mind brand otomotif di Indonesia, pencapaian ini diraih melalui berbagai upaya yang berkelanjutan dan soliditas dari semua elemen perusahaan.

“Selama 50 tahun hadir di Indonesia, kami sudah melalui banyak hal baik suka maupun duka. Hal tersebut membuat kami semakin memahami kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk dan layanan berkualitas, baik untuk segmen mobil, sepeda motor, maupun motor tempel kapal,” tambahnya.

Tak hanya itu, Donny mengatakan angka penjualan produk Suzuki setiap tahunnya memang selalu berbeda, kadang naik kadang turun. Hal ini tidak terlepas dari banyak faktor yang mempengaruhinya. “Tapi secara keseluruhan sejak tahun 70-an sampai sekarang performa penjualan Suzuki terus meningkat secara signifikan,” katanya.

Di sisi lain, Donny mengaku tentu pihaknya ingin menjadi leading automotive brand di Indonesia. “Saat ini kami sudah ada di jalur yang benar, tinggal bagaimana memaksimalkan upayanya,” terang Donny.

Lanjut Donny, ini memang juga tidak terlepas dari dukungan positif banyak pihak, termasuk masyarakat pecinta produk Suzuki. “Selama 50 tahun di Indonesia kami mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat untuk terus berinovasi membuat produk dan layanan berkualitas. Salah satunya terbukti melalui dominasi Caryy Pick Up yang menjadi kendaraan komersial andalan para pengusaha Indonesia,” tegasnya.

“Kami juga berharap dapat terus menemani masyarakat Indonesia di tahun-tahun mendatang, dan terus berkontribusi untuk kemajuan Indonesia melalui produk-produk berkualitas, sesuai kebutuhan, dan value for money,” tutup Donny. Arianda Tanjung

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba tulis Suzuki 2020

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2