Optimis Asahan Lahirkan Pewushu Andal

KISARAN (Waspada): Tokoh Wushu Nasional asal Sumut, Master Supandi Kusuma, optimis Asahan akan mampu melahirkan atlet-atlet wushu andal, mengingat potensi bibit atlet di daerah ini tidak kalah dengan daerah lainnya di Sumut.

Optimis Asahan Lahirkan Pewushu Andal
TOKOH Wushu Nasional Master Supandi Kusuma didampingi Ketum WI Sumut Darsen Song, Ketua WI Asahan Irwansyah Tjong dan Forkopimda Asahan pose bersama atlet wushu YKWI.(Waspada/Sapriadi/B)

“Apalagi latar belakang Ketua Umum Pengkab WI Asahan Irwansyah Tjong yang baru saja dilantik juga bergerak di bidang budidaya tanaman. Membina atlet tidak ubah bagai mengurus tanaman,” ujar Master Supandi.

Hal itu disampaikan Master Supandi dalam acara pelantikan Pengkab Wushu Indonesia (WI) Asahan periode 2018-2022 pimpinan Irwansyah Tjong di Jl KH Agus Salim (Taman Anggrek/Kebun Cabe) Kisaran, Minggu (14/7).

Pelantikan Pengkab WI Asahan sekaligus peresmian sasana turut dihadiri Ketum WI Sumut Darsen Song. Master Supandi didaulat membubuhkan tanda tangan dan menggunting pita tanda peresmian sasana. Master Supandi juga menyumbang karpet untuk sasana tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengprov WI Sumut Darsen Song menyatakan salut dan bangga dengan Pengkab WI Asahan.

“Ini adalah yang pertama di Sumut bahkan Indonesia. Biasanya, suatu organisasi dilantik dulu baru menyusun program termasuk rencana membangun sasana. Tapi di Asahan luar biasa. Mereka lebih dulu membangun sasana dan peresmiannya dilakukan bersamaan dengan pelantikan,” kata Darsen.

“Pengukuhan Pengprov WI Asahan menambah keyakinan kami bahwa Wushu akan dipertandingkan pada Porprovsu 2022. Kami berharap, talenta-talenta wushu Asahan giat berlatih, sehingga tidak hanya berprestasi di Porprovsu, tapi juga saat Sumut menjadi tuan rumah PON XXI/2024 bersama Aceh.

Ketua KONI Asahan Nurkarim Nehe menyampaikan dukungannya atas kehadiran Wushu di Asahan. Dikatakannya, hal ini bisa menjadi warna baru olahraga di Asahan. Ia berharap, Pengprov WI Sumut juga mencurahkan perhatian dengan terus memberi pembinaan, khususnya untuk tenaga kepelatihan agar Wushu Asahan lebih berkembang.

Plt Bupati Asahan H Surya BSc dalam sambutan tertulis dibacakan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muhammad Andry Simatupang bergembira dengan dilantiknya Pengkab WI Asahan dan diresmikannya Sasana Wushu di kabupaten tersebut.

“Kepada Ketua Pengkab WI Asahan, mari kita bekerjasama, termasuk dengan KONI Asahan agar Wushu di Kabupaten Asahan lebih berkembang dan berprestasi,” tambah Andry Simatupang. 

Acara pelantikan Pengkab WI Asahan dan peresmian sasana ditandai dengan atraksi pewushu-pewushu Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI) asuhan pelatih Sandri Liong. Selain itu juga ditampilkan eksibisi Wushu Sanda atlet Asahan asuhan pelatih Hotnar Lumban Nahor. (a10/a31/a15)