MUI MENGAPA PERLU - Waspada

MUI MENGAPA PERLU
By Hasan Bakti Nasution

  • Bagikan

MUI atau Majelis Ulama Indonesia adalah wadah perkhidmatan ulama, zu’ama, dan cendeikiawan Muslim yang dibentuk tanggal 26 Juli 1975. Di Sumatera Utara sendiri sudah dibentuk bulan Januari 1975 sebagai hasil dari muswarah alim ulama tanggal 10-11 Januari 1975.

MUI lahir sebagai mitra Pemerintah dalam rangka pengamalan ajaran agama sebagai amanah Pancasila dan UUD 1945 khususnya pasal 29. Sebagaimana dimaklumi bahwa Islam adalah agama hukum, karena setiap gerakan dan tindakannya tidak terlepas dari 5 (lima) ketentuan hukum yang disebut dengan “hukum Yang Lima” (al-ahkam al-khamsah), yaitu wajib sunat, mubah, makruh, dan haram.

Dalam merumuskan lima kriteria tersebut, harus ada lembaga yang kompeten, dan di sinilah MUI hadir.
Sebab itulah Presiden Soeharo saat memberikan sambutan pada acara pertama MUI mengatakann: “Saya kini lega karena sudah ada lembaga yang mengurusi umat Islam, seolah separoh tugas saya sudah diselesaikan”. Maksud beliau tentunya ialah dalam rangka pelayanan umat Islam, khusus terkait penetapan hukum Islam.


Olh karena itu, jika ada yang ingin membubarkan MUI adalah merupakan tindakan intoleansi dan a history, karena tidak ingin umat Islam memperoleh pelayanan sehingga secara graduall terdeleate di republik ini, seperti dulu pernah digaungkan oleh kalangan komunis yang anti agama dan anti Tuhan, sekaligus anti Pancasila.
Maka waspadalah…!!!
…21-11-2021…

  • Bagikan
Search and Recover