Waspada
Waspada » Jokowi Harus Pimpin Perpanjangan PPKM Darurat
Opini

Jokowi Harus Pimpin Perpanjangan PPKM Darurat

Jamiluddin Ritonga: ist

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, kepada wartawan menyampaikan pemerintah akan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat hingga akhir Juli 2021.

Perpanjangan waktu PPKM Darurat tentu dimaksudkan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona, khususnya di Jawa dan Bali. Perpanjangan ini menandakan PPKM yang dikoordinir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, tidak berjalan efektif. Hal itu dapat dilihat dengan tetap tingginya kasus Covid-19 di Jawa dan Bali.

Luhut, suka atau tidak, dinilai sudah gagal memimpin PPKM Darurat. Kegagalan itu terlihat setelah Luhut menyatakan, Corona varian Delta tak bisa dikendalikan

Karena itu, dimasa perpanjangan PPKM Darurat ini idealnya dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara Jokowi mempunyai kewenangan luar biasa.

Kewenangan itu tepat digunakan dikala bangsa dan negara mengalami krisis yang kuar biasa ini. Jokowi dapat menggunakan sarana dan prasarana yang dimiliki untuk dapat mengendalikan Covid-19.

Jokowi juga seharusnya dapat mengatasi semua konsekuensi dari perpanjangan PPKM Darurat. Salah satunya semakin sulitnya sebagian besar rakyat untuk memenuhi pangannya.

Untuk itu, Jokowi harus menggelontorkan bantuan pangan yang memadai setidak untuk dua bulan ke depan. Bantuan pangan ini mendesak diberikan sebagai kewajiban pemerintah dari diberlakukannya PPKM Darurat.

Sebagai kewajiban, maka Jokowi harus secepatnya menggelontorkan bantuan pangan tersebut. Sebab, sebagian masyarakat memang sudah sampai tahap kesulitan untuk memenuhi makan sehari-hari.

Selain pangan, Jokowi juga harus memberi konvensasi lainnya kepada masyarakat tidak mampu, termasuk masyarakat yang berpenghasilan harian. Mereka ini selama PPKM Darurat tidak dapat mencari nafkah.

Jokowi juga harus mempercepat vaksinisasi untuk semua umur. Melalui percepatan vaksinasi ini diharapkan terjadi peningkatan imun mayoritas anak negeri, khususnya di Jawa dan Bali.

Selain itu, Jokowi harus memastikan protokol kesehatan dilaksanakan semua anak bangsa. Ketegasan untuk menegakan pelaksanaan protokol kesehatan tidak ditawar-tawar lagi.

Semua itu akan berjalan baik bila 3 T (Testing, tracing, dan treatment) dilaksanakan secara terus mwnwrua dan konsisten.

Semua itu hanya dapat dilaksanakan dengan optimal kalau PPKM Darurat langsung dikomandoi Jokowi.

Penulis; M. Jamiluddin Ritonga
Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul.

Dekan FIKOM IISIP Jakarta 1996 – 1999.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2