Ibu Negara AS & Community Colleges - Waspada

Ibu Negara AS & Community Colleges
Oleh Isweni Ishak Bakri

  • Bagikan

Dan American Federation Teachers memujinya bahwa Ibu Negara yang bekerja dan meningkatkan profesi guru. Dan Dr Biden membuat sejarah “as working First Lady”.

“Dr. B. Heading Back To Classroom”, julukan popular saat ini untuk Ibu Negara Amerika Serikat (AS) dari media, masyarakat, guru-guru perguruan tinggi , dan sekolah-sekolah publik di AS. Semua gembira dan menghargai cintanya Ibu Negara AS Dr Jill Biden, sebagai pendidik/guru demi untuk kecerdasan bangsa dan negara.

                                             

Setelah liburan panjang “Labor Day” minggu lalu di AS, maka seluruh sekolah publik dibuka kembali dari tanggal 7 September 2021, baik secara virtual learning/study on line and in person. Dan hari ini juga Ibu Negara AS, kembali menjadi Guru Besar di Alexandria Community Colleges, dengan schedule penuh selama delapan jam setiap hari Selasa dan Kamis.

Negara bagian Virginia memiliki community colleges terbesar di AS yang memiliki enam kampus. Saya jadi ingat ketika ambil courses “Working With School-Age Children” di Alexandria Community College, berpapasan dengan Beliau yang waktu itu masih isteri Wakil Presiden A.S.

Ia selalu senyum dan bergegas masuk kelas untuk mengajar “English And Writing Academic Essay “, yang selalu bangga menyebut dirinya sebagai “English teacher”.

Saya menulis mengenai Community Colleges di AS dimuat oleh harian Waspada, Sumut, 11 Juni 2018, berjudul “ CC; First Aid Untuk Kuliah”, menguraikan tentang manfaatnya CC sebagai langkah-langkah pertama yang amat membantu, dalam mengatasi biaya dan waktu untuk melanjutkan studi SI ke atas di berbagai perguruan tinggi AS.

Umumnya generasi muda AS semangat melanjutkan studi setelah selesai dari SMA, dan CC memberikan kesempatan belajar sambil bekerja, baik courses yang credit maupun non kredit, yang diakui sebagai colleges untuk jembatan meraih ilmu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Selesai studi dari CC dengan gelar Associate Degree. CC amat menekankan untuk melanjutkan studi ke undergraduate studies di berbagai universitas. Terhitung sampai kini lumayan jumlah mahasiswa Indonesia di DMV area memanfaatkan pendidikan di CC dan mempeorleh gelar S1 dari University of Maryland, George Mason University serta Virgina Tech.

Di samping itu CC ada “transfer agreement and guaranteed admission” dengan 14 universitas terkemuka. Keuntungan studi di CC disamping mengatasi biaya, waktu belajar sampai bekerja, adalah guidance atau petunjuk dari staf pengajar yang professional yang menanamkan pikiran mahasiswanya untuk “think as investor”.

Dr Jill Biden mengajar sejak tahun 1976 dengan mata pelajaran “English” di SMA Katolik, lalu melanjutkan mengajar di Delaware Technical Community College dan dilanjutkan ke Northern
Virginia Community College, di Alexandria Campus.

Menyebut dirinya “I am English teacher at NOVA, not First Lady” menyatakan bahwa mengajar sebagai guru adalah “profoundly optimistic”. Beliau mengajar di NOVA Virginia sejak tahun 2009 (saat itu isteri Wakil Presiden AS).

Guru Besar untuk mata pelajaran English Composition Readiness I & II, dengan menekankan bahwa mahasiswa2 perlu extra help writing academic essay dan lainnya (English and writing). Memiliki dua Master Degree in Education (tahun 2012) dan gelar Ph.D dari University of Delaware (2007).

Beliau gigih dan amat mencintai pekerjaannya sebagai guru, sempat menulis Children Book berjudul “Dontt Forget , God Bless Our Troop” , dampak dari putra tirinya yang pernah bertugas sebagai prajurit AS di Irak, dan buku memoir pribadinya berjudul “Profoundly Optimistic”.

Dalam suasana pandemi di AS Dr. Jill Biden juga menekankan perlunya vaccination and wear masks untuk masyarakat dewasa dan anak usia 12 tahun ke atas, demi ketenangan untuk bekerja, belajar dalam sekolah dan perguruan tinggi.

Dalam keadaan melawan coronavirus di AS banyak yang memberikan “misinformation” terhadap vaksinasi, sehingga jelas terlihat bedanya keadaan di negara bagian yang melaksanakan dengan baik vaksinasi dan yang anti vaksinasi seperti Texas dan Florida.

Dr Biden dan masyarakat AS menyokong ucapan Dr Anthony Fauci, Director of Allergy and Infectious Diseases and the Chief Medical Advisor to the President, bahwa orang harus ingat bahwa vaksinasi seperti melawawn smallpox, polio, measles, sejak puluhan tahun yang lalu besar manfaatnya:

“And vaccination has been the solution to every major public health issue in which a vaccine was developed, and its historically over decades and decades, shown to be the way you control an infectious disease”. Alangkah sayangnya banyak masyarakat AS yang berfikiran bodoh terhadap vaksinasi di AS.

Dan Dr B sudah tidak sabar untuk langsung berhadapan langsung dengan mahasiswanya setelah setahun virtual teaching melalui study on line via computer. Menurut beliau memang berbeda mengajar/belajar online dengan komputer, dengan mengajar berhadapan langsung antara guru dan murid.

Dan American Federation Teachers memujinya bahwa Ibu Negara yang bekerja dan meningkatkan profesi guru. Dan Dr Biden membuat sejarah “as working First Lady”.

Penulis adalah Mantan Staf Pengajar Di FSI-CIS, Arlington, Virginia.
  • Bagikan