Usai Dikalahkan Aceh, Sepakbola Sumut Tetap Optimis Ke Semifinal - Waspada

Usai Dikalahkan Aceh, Sepakbola Sumut Tetap Optimis Ke Semifinal

  • Bagikan

JAYAPURA (Waspada): Tim Sepakbola Sumatera Utara menelan kekalahan atas Aceh 1-2 dalam pertandingan pertama Grup D babak 6 Besar PON XX Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat (8/10).

Kekalahan itu membuat Sumut wajib meraih kemenangan saat menghadapi tuan rumah Papua pada pertandingan kedua atau laga terakhir babak 6 Besar pada Minggu (10/9) pukul 15.00 WIT. Kemenangan atas Papua akan membuka peluang Sumut lolos ke semifinal.

Sumut yang mengincar kemenangan atau minimal mencuri poin untuk memudahkan langka menuju semifinal, sebenarnya tampil mendominasi penyerangan sejak babak pertama. Kondisi itu memaksa pemain Aceh lebih banyak tampil bertahan.

Walau tampil di bawah tekanan, justru Aceh yang mampu mencetak gol pembuka di babak kedua disumbangkan Akhirul Wadhan pada menit 51. Serangan balik tim Tanah Rencong kembali membobol gawang Sumut yang dikawal Bambang Rahmad Hidayat di menit 77.

Gol kedua Aceh asuhan pelatih Fakhri Husaini kembali disumbangkan Akhirul Wadhan yang lolos dari kawalan pemain Sumut dalam skema serangan balik yang cepat. Akhirul melepas tendangan keras dari luar kotak penalti dan bola gagal diantisipasi kiper Sumut, Bambang.

Tertinggal dua gol, Sumut masih terus ngotot menyerang. Hasilnya, tim asuhan Pelatih Colly Misrun mencetak gol balasan melalui tendangan penalti Rian Ramadhan di masa injury time yang langsung disambut pluit panjang wasit. Sumut harus menerima kekalahan 1-2 atas Aceh.

Hasil ini membuat Aceh menyamai perolehan poin tuan rumah Papua yang sebelumnya menang 1-0 atas Aceh. Sumut wajib menang saat melawan Papua jika ingin membuka peluang lolos ke semifinal.

Pelatih Tim Sepakbola Sumut, Colly Misrun, menilai Sumut harusnya bisa memenangkan pertandingan atas Aceh. Dia melihat timnya sudah bermain sesuai rencana awal tampil menyerang sejak pertandingan dimulai.

“Belum rezeki kita menang hari ini. Anak-anak sudah bermain sesuai rencana, mendominasi penyerangan. Tapi kita kecolongan saat serangan balik lawan. Ini yang memang sejak awal saya khawatirkan, serangan balik Aceh berbahaya dan pemain kita kurang siap,” ucap Colly.

Walau begitu, Colly berharap para pemainnya segera melupakan kekalahan atas Aceh. Dia ingin tim kembali fokus menatap laga penentu melawan tuan rumah Papua.

“Peluang masih ada, sekecil apapun itu, kita tetap optimis bisa memanfaatkannya. Kita sudah tahu permainan Papua, mereka sama saja seperti kita. Makanya kita tetap optimis. Mohon doa warga Sumut untuk keberhasilan tim kami,” ucap Colly. (m18)

  • Bagikan