Waspada
Waspada » Ujian Sebenarnya Calvert-Lewin
Headlines Olahraga

Ujian Sebenarnya Calvert-Lewin

STRIKER Dominic Calvert-Lewin membobol gawang Wales dalam debutnya bersama Timnas Inggris pada laga ujicoba di Stadion Wembley, London.    WalesOnline

LONDON (Waspada): Manajer Gareth Southgate mengatakan, striker Dominic Calvert-Lewin naik kelas setelah sukses mencetak gol dalam debutnya bersama Timnas Inggris.

Calvert-Lewin membuka koleksi gol internasionalnya, Kamis (Jumat WIB), hanya 26 menit setelah mengenakan seragam The Three Lions yang menggunduli Wales 3-0 dalam laga ujicoba di Stadion Wembley, London.

“Saya pikir dia sangat bagus. Saya selalu menyukai penampilannya, tetapi gol yang dicetaknya kali ini membuatnya naik kelas,” ucap Southgate, seperti dikutip dari

laman resmi FA, Jumat (9/10).

“Pengaruhnya luar biasa dan pergerakannya selalu menimbulkan ancaman. Dia mengawal lawan dengan baik dan golnya sangat bagus,” tambahnya.

Bomber berumur 23 tahun itu tampil gemilang untuk memotori awal musim sempurna Everton yang saat ini memimpin klasemen Liga Premier dengan 12 poin dari empat pertandingan.

Calvert-Lewin sudah mengemas sembilan gol musim ini bersama The Toffees, enam di antaranya menempatkan dia sebagai top skor sementara EPL.

Hanya saja ujian sebenarnya bagi Calvert-Lewin baru akan tersaji jika dia kembali dimainkan Southgate pada dua laga UEFA Nations League dalam sepekan ke depan.

Inggris akan menjamu tim kuat Belgia pada matchday 3 Liga A Grup 2, Minggu (11/10) malam mulai pkl 2300 WIB. Berselang tiga hari kemudian, Marcus Rashford cs akan bertandang ke Kopenhagen untuk menjajal tuan rumah Denmark.

Tim Tiga Singa sejauh ini baru mencetak satu gol dari dua laga pertama Grup A2. “Dia sedang dalam performa terbaik dan secara umum memang penyerang tengah yang murni,” jelas Southgate.

Berawal dari aksi Jack Grealish yang mengirimkan umpan terukur ke muka gawang Wales menit 26. Calvert-Lewin berdiri leluasa untuk menyambutnya dengan tandukan tajam untuk menjebol gawang The Dragons.

“Sayang sekali tidak ada penggemar di sini untuk merayakannya, begitu pula keluarga. Itu pahit dalam arti tertentu, tetapi mencetak gol dalam debut merupakan impian,” klaim Calvert-Lewin.

“Saya telah bekerja sangat keras untuk sampai ke sini. Ini terasa seperti perjalanan panjang, api saya sangat senang berada di sini dan mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol pada debut saya,” ujarnya lagi.

Pukulan Belgia

Debutan Inggris lainnya, Bukayo Saka, berpeluang mencetak gol dalam situasi sepak pojok menit 38. Tetapi ruang tembaknya tertutup rapat dan bola muntah yang disambar Conor Coady masih melambung di atas mistar gawang.

Delapan menit memasuki babak kedua, Coady sukses menyambut tendangan bebas Kieran Trippier dengan sepakan voli untuk memaksa kiper Wayne Hennessey memungut bola kembali dari dalam gawangnya.

Gol penutup kemenangan tim tuan rumah dicetak striker Danny Ings menit 63 dengan tembakan akrobatik menyambut umpan sundulan dari Tyrone Mings.

Kemenangan telak atas Wales itu menjadi modal berharga bagi Inggris jelang menjamu Belgia yang saat bersamaan ditahan tamunya Pantai Gading 1-1 pada laga eksibisi di Kota Brussels.

Keunggulan Belgia yang diraih lewat Michy Batshuyai menit 53, dihapuskan oleh Pantai Gading melalui eksekusi penalti Franck Kessie tiga menit jelang bubaran waktu normal.

Pukulan mental bagi Belgia kian lengkap, karena kiper utama Thibaut Courtois terpaksa meninggalkan kamp timnas untuk kembali ke Real Madrid setelah mengalami cedera punggung.

Courtois pun dipastikan absen menghadapi Inggris dan Islandia. Dalam jeda internasional awal September lalu, Courtois juga meninggalkan kamp timnas karena kondisinya tidak bugar.

Tapi bersama Madrid, mantan kiper Chelsea itu tidak pernah absen dari empat laga La Liga di awal musim ini. “Dia tidak siap untuk dimainkan,” jelas Roberto Martinez, mantan pelatih Everton yang kini membesut Belgia.

“Penting bagi Thibaut untuk bergabung dan mengikuti beberapa sesi latihan. Namun dia tidak siap main dan itulah kenapa dia diperbolehkan kembali ke Madrid,” pungkas Martinez. (m08/bbc/afp)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2