Waspada
Waspada » Ujian Perpanjangan Kontrak Pep
Headlines Olahraga

Ujian Perpanjangan Kontrak Pep

Getty Images

LONDON (Waspada): Manajer Pep Guardiola (foto kanan), telah menandatangani kontrak baru berdurasi dua tahun yang akan mempertahankannya di Manchester City hingga akhir musim 2022/2023.

Pria Spanyol berusia 49 tahun itu masih penasaran untuk meraih prestasi bersama Citizens, kendati telah meraih dua trofi Liga Premier dan satu Piala FA sejak kedatangannya tahun 2016.

“Akhirnya kami memutuskan bahwa yang terbaik bagi kami semua adalah melanjutkannya. Karena kami masih merasa masih ada urusan yang belum selesai dan masih ada yang harus dilakukan,” ucap Pep di laman resmi City, Jumat (20/11).

Ujian berat pun langsung dihadapkan pada laga perdana pasca perpanjangan kontrak Pep. Sebab tim asuhannya mesti bertandang ke markas Tottenham Hotspur pada matchday 9 Liga Premier di London, Minggu (22/11) dinihari mulai pkl 0030 WIB.

“Kami ingin melanjutkan apa yang telah kami lakukan beberapa tahun terakhir ini. Klub ini telah menang banyak dalam beberapa waktu terakhir, tetapi kami masih ingin menang lagi,” tekad mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich itu.

Berbagai cara pun kabarnya akan dilakukan Guardiola agar dapat meraih trofi Liga Champions dan Liga Premier bersama Citizens. Salah satunya dengan mendatangkan bintang baru untuk mengangkat mutu permainan Kevin De Bruyne (foto kiri) dan kawan-kawan.

“Perpanjangan kontrak Pep adalah langkah alami berikutnya dalam perjalanan yang berkembang selama bertahun tahun. Ini produk dari rasa saling percaya dan rasa hormat kami semua,” klaim Ketua City Khaldoon Mubarak.

Pep sendiri sudah menegaskan tidak akan kembali melatih Barca. Dia seakan menepis rumor bahwa kandidat Presiden Barca Victor Font ingin memulangkannya ke Camp Nou untuk reuni dengan Lionel Messi cs.

“Itu sudah berakhir. Saya akan kembali ke kota saya hanya untuk menonton pertandingan. Sejak saya tiba di Manchester City, saya merasa sangat diterima di klub dan kota ini,” tegasnya.

“Sejak saat itu kami telah mencapai banyak hal bersama dengan mencetak gol, memenangi pertandingan dan trofi. Kami semua sangat bangga dengan keberhasilan itu,” tambah Pep.

Kini dia hanya ingin fokus mengatrol posisi Gabriel Jesus cs yang terpuruk di peringkat 10 klasemen sementara dengan kemasan 12 poin dari tujuh pertandingan. The Eastland jelas butuh menampilkan performa terbaiknya City untuk dapat mengalahkan Spurs asuhan manajer Jose Mourinho yang kembali ‘naik daun’.

Sempat tersendat di awal musim, The Lilywhites belakangan terus meraih hasil positif dan sekarang telah bertengger di peringkat dua nilai 17. Duet striker Son Heung-Min serta Harry Kane kembali subur dan kini bersaing untuk menjadi top skor dengan   Mohamed Salah (Liverpool), Dominic Calvert-Lewin (Everton) dan Patrick Bamford (Leeds).

Tak salah jika Mourinho mengklaim itu merupakan bagian dari buah pengalaman panjangnya melatih klub-klub top Eropa, di antaranya FC Porto, Inter Milan, Real Madrid, Chelsea dan Manchester United.

“Saya sangat berpengalaman. Segala hal yang terjadi dengan saya di dunia sepakbola bisa dibilang deja vu, semuanya sudah pernah saya alami,” papar pelatih asal Portugal itu.

Chelsea merupakan klub keempat dalam tenor kepelatihan Mourinho yang juga sempat menangani Porto, Benfica dan Uniao de Leiria. Rekam jejak panjang membuatnya menjadi seseorang yang lebih baik dalam bidang pekerjaannya.

“Ada pekerjaan yang membutuhkan kebugaran seperti pemain sepakbola.

Sedangkan dalam melatih, Anda cuma butuh otak, akumulasi pengalaman dan pengetahuan akan membuat Anda lebih baik,” jelas Mourinho.

Dia kini memasuki musim keduanya melatih The Lilywhites pasca datang pada 20 November 2019 untuk menggantikan peran Mauricio Pochettino yang dipecat usai rentetan hasil buruk Spurs.

“Sungguh luar biasa memilikinya, dia memberi banyak masukan di tempat latihan.Saya pikir dia melihat bahwa saya suka bermain lebih dalam, jadi dia menjelaskan itu pada skuad lainnya,” tutur Kane.

“Itu memungkinkan saya untuk menciptakan ruang dan mendapat bola, tetapi memiliki opsi untuk maju juga. Saya pikir itulah perbedaan yang nyata, dia hebat,” pungkasnya. (m08/rtr/espn)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2