Waspada
Waspada » Tyson Tak Cari Untung Lawan Roy Jones
Olahraga

Tyson Tak Cari Untung Lawan Roy Jones

JAKARTA (Waspada): Mike Tyson (foto kiri) menegaskan bahwa dirinya tak cari untung dalam duel tinju eksibisi melawan Roy Jones Jr (foto kanan). Duel keduanya akan berlangsung pada 12 September 2020 di California.

Mike Tyson yang sudah berusia 54 tahun atau lebih tua tiga tahun dari Roy Jones Jr menyatakan bahwa publik tak perlu khawatir bahwa aksinya untuk kembali ke ring tinju tidak didasarkan pada kebutuhan finansial.

“Laga nanti akan jadi tempat berbagai macam amal. Tidak ada yang perlu khawatir bahwa saya akan menjadi lebih kaya. Tidak ada yang perlu cemburu atau mengatakan saya melakukan ini demi uang.”

“Saya tak mendapatkan apapun. Saya hanya merasa nyaman melakukan ini karena saya berpikir bisa melakukannya,” kata Mike Tyson dikutip dari Boxingscene, Jumat (24/7).

Mike Tyson menyatakan ia sudah pada fase menyadari kebahagiaan dalam hidup adalah saat bisa menolong orang lain.

“Sepanjang perjalanan hidup, saya sempat menduga bahwa mencintai diri sendiri adalah dengan membeli mobil mewah, rumah, kapal, atau memiliki gadis cantik.”

“Namun saya akhirnya menemukan bahwa cinta sejati adalah menolong orang dan berbuat baik, itulah yang ingin saya lakukan. Saya tidak ingin berkata bahwa saya adalah sosok terhebat di dunia yang berbuat baik, namun saya ingin terlihat hidup dengan cara seperti ini sekarang,” kata Tyson.

Berkah Allah

Tyson menyatakan keputusan naik ring saat ini tak lepas dari berkah Sang Pencipta. “Saya hanya sangat bersyukur bahwa saya tak lagi menjalani hidup seperti yang saya jalani sebelumnya. Allah memberikan berkah pada saya hingga saya bisa melakukan hal ini,” ucapnya.

Dia mengakui kondisi hidupnya saat ini sudah jauh lebih sehat dibandingkan saat ia baru pensiun dan sempat terpuruk ke jurang kebangkrutan. “Saya berada dalam kondisi yang hebat. Namun saya akan berada pada kondisi yang lebih baik.”

“Saya sudah berlari sejauh 6,4 km dan akan berlatih sprint nanti. Saya juga kemudian bakal pergi ke sasana tinju,” tutur Tyson.

Roy Jones Jr. terbilang hampir satu angkatan dengan Mike Tyson karena ia memulai debut profesionalnya di tahun 1989. Namun dia mengawali kariernya di kelas menengah.

Setelah melalui 21 laga tak terkalahkan, Roy Jones Jr. merebut sabuk kelas menengah IBF dengan mengalahkan Bernard Hopkins di 1993.

Roy Jones Jr. juga merebut sabuk kelas menengah super IBF di laga lawan James Toney dan mempertahankan rekor tak terkalahkan hingga 34 laga. Dalam rentetan kemenangan itu, Roy Jones Jr. juga merebut sabuk kelas light heavyweight dengan mengalahkan Mike McCallum.

Kekalahan pertama diterima Roy Jones Jr. dari Montell Griffin di tahun 1997 karena diskualifikasi. Jones Jr. lalu berhasil menang KO di laga rematch.

Di tengah dominasi Roy Jones Jr. di kelas light heavyweight, ia sempat merebut sabuk kelas berat versi WBA usai menang angka atas John Ruiz di 2003.

Setelah memegang sabuk juara kelas berat, Roy Jones Jr. memutuskan untuk kembali ke kelas light heavyweight. Padahal, rumor dirinya bakal berduel lawan jagoan kelas berat macam Evander Holyfield, Lennox Lewis, dan Mike Tyson sempat beredar.

Keputusan kembali ke light heavyweight seolah jadi blunder karena ia kemudian merasakan tiga kekalahan beruntun dari Antonio Tarver (dua kali) dan Glen Johnson.

Roy Jones Jr. sempat kembali merebut light heavyweight di laga lawan Anthony Hanshaw pada 2007 sebelum mulai memasuki masa penurunan dalam kariernya. Roy Jones Jr. terus bertinju hingga 2018 dan mengakhiri karier dengan rekor 66 (47 KO)-9-0. (m18/bs/cnni)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2