Waspada
Waspada » Trofi Akhir Ideal David Silva
Olahraga

Trofi Akhir Ideal David Silva

HLN

LONDON (Waspada): Gelandang Kevin De Bruyne (foto kiri), ingin memahkotai kiprah 10 tahun nan gemilang kaptenk David Silva (foto kanan) di Manchester City dengan trofi Liga Champions 2019/2020.

Silva sudah empat kali mengantarkan City menjuarai Liga Premier. Total mantan winger Valencia itu telah mempersembahkan 11 trofi sejak gabung dengan Citizens tahun 2010 silam.

“Kami sudah sering menang bersama, kami bermain bagus bersama. Kami saling menutupi kekurangan dengan baik sekali pada berbagai hal,” beber De Bruyne, seperti dikutip AFP, Selasa (28/7).

“Dia juga orang yang menyenangkan, dia akan sangat dirindukan. Tentu akan hebat seandainya kami bisa menjuarai Liga Champions, sehingga itu bisa menjadi akhir ideal bagi dia di sini,” katanya lagi.

Gelandang berusia 34 tahun itu sudah memutuskan untuk menuntaskan masa baktinya di Etihad Stadium pada akhir musim nanti. Silva sudah memenangkan satu gelar juara Piala Dunia dan dua Piala Eropa bersama Timnas Spanyol. Tapi dia belum pernah mengangkat trofi Liga Champions.

Silva memiliki satu kesempatan lagi untuk memburunya bersama Citizens asuhan Pep Guardiola musim ini.       City akan melanjutkan kiprahnya di Liga Champions dengan menjamu Real Madrid pada laga tunda leg2 babak 16 besar, 7 Agustus mendatang.

Kans lolos Raheem Sterling dan kawan-kawan sangat besar, setelah membawa kemenangan 2-1 pada leg1 bulan Maret lalu di Santiago Bernabeu, Madrid. Pemenang babak ini akan maju ke perempatfinal di tempat netral Lisbon, Portugal, menjajal pemenang laga Juventus versus Olympique Lyon.

“Bagi saya dia salah satu pemain terbaik yang pernah bermain di Liga Premier. Anda bisa saja terus berdebat siapa yang nomor satu,” tutur De Bruyne.

“Tetapi ketika Anda bermain dengan dia, Anda bisa mengapresiasi apa yang dia lakukan sepanjang waktu. Saya sudah main bersama dia selama lima tahun, itu waktu yang lama,” klaim gelandang asal Belgia tersebut.

Menurut Guardiola, timnya akan selalu menghargai kontribusi kapten Silva selama satu dasawarsa terakhir. Silva memainkan pertandingan terakhirnya di Liga Premier akhir pekan lalu, ketika The Eastlands menggunduli tim juru kunci Norwich City 5-0 di Etihad Stadium.

“Luar biasa, jumlah pertandingan dan kualitas yang ditampilkannya, serta berbagai gelar yang dimenanginya bersama tim ini. Dia bagian dari segelintir pemain yang berhasil membangun reputasi klub ini,” sanjung Pep.

Silva sudah mencetak 77 gol dalam 434 pertandingan bersama City di semua kompetisi. Di arena domestik, dia sudah memenangi empat trofi Liga Premier, dua  Piala FA dan lima Piala Liga Inggris.

Silva sendiri belum membocorkan rencana kelanjutan kariernya selepas meninggalkan Citizens.

“Saat saya melihat semuanya ke belakang, saya tidak pernah bisa dalam impian terliar membayangkan apa yang akan saya capai. Ketika kamu muda, kamu tidak bermimpi tentang semua ini,” kenangnya.

“Kamu bermimpi tentang menjadi seorang pesepakbola profesional, kamu mimpi bermain di papan atas. Tapi kamu tidak pernah berpikir tentang segala hal yang mungkin bisa kamu capai,” pungkas Silva. (m08/afp/men)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2