Waspada
Waspada » Tottenham Tepis Kandidat Kampiun
Olahraga

Tottenham Tepis Kandidat Kampiun

Getty Images

LONDON (Waspada): Tottenham Hotspur menekuk tamunya Manchester City 2-0 pada matchday 9, Sabtu (Minggu WIB), sehingga melonjak ke puncak klasemen sementara Liga Premier.

Manajer City Pep Guardiola pun menjagokan klub London Utara itu sebagai kandidat kampiun musim ini. Tetapi Jose Mourinho (foto kanan), pelatih Spurs asal Portugal, langsung menepisnya.

“Kami tidak berjuang untuk meraih gelar juara. Kami hanya berusaha bertarung dari satu laga ke laga lainnya,” beber Mourinho melalui BBC Sports, Minggu (22/11).

Gol Son Heung-min (foto kiri) dan Giovani Lo Celso yang memastikan Tottenham memperpanjang catatan gemilang empat kemenangan beruntun atas Citizens sejak Februari 2019.

City sebelumnya diprediksi menjadi saingan utama juara bertahan Liverpool dalam perebutan trofi liga musim 2020/2021. Tapi Harry Kane dan kawan-kawan yang kemudian melejit untuk melengkapi kejutan Leicester City, Southampton dan Everton.

“Bagus rasanya berada di puncak klasemen. Namun mungkin besok kami ada di peringkat dua lagi,” dalih Mourinho.

“Sejujurnya itu bukan masalah. Saya pribadi senang dengan evolusi tim ini,” klaim mantan pelatih Manchester United, Chelsea, Real Madrid, Inter Milan dan FC Porto tersebut.

Tottenham yang kini memiliki catatan nirkalah terpanjang sebanyak delapan laga beruntun di liga, kini mengoleksi nilai 20. Sedangkan The Eastland yang menelan kekalahan keduanya musim ini, tertahan di papan tengah dengan kemasan 12 poin.

“Mereka berada di puncak klasemen. Jadi jelas mereka kandidat kuat dibanding siapa pun saat ini,” ucap Pep.

“Tentu saja ada banyak poin untuk diperebutkan. Kami memiliki satu pertandingan lebih sedikit, tetapi ada banyak tim di depan kami,” ratap pria Spanyol itu.

Son membuka keunggulan tuan rumah menit kelima dengan memperdaya kiper Ederson Moraes, setelah menerima umpan jauh kiriman Tanguy Ndombele. Gol itu membuat Son mantap memuncaki daftar top skor dengan koleksi sembilan gol.

Empat menit sesudahnya, bintang Korsel itu mengirim umpan tarik yang sukses dilesakkan Kane ke gawang City. Tetapi gol itu dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Menit 28 bek Aymeric Laporte melakukan selebrasi setelah menyontek bola sodoran Gabriel Jesus dan mengira berhasil menyamakan kedudukan. Hanya saja gol itu dianulir wasit Mike Dean pasca meninjau tayangan ulang VAR, karena bola terlebih dulu mengenai lengan Jesus dalam proses serangan Citizens.

“Saya pikir jika di atas lengan, itu bukan handball lagi. Semua orang tahu bahwa itu mengenai dia di sini,” kritik Kevin De Bruyne, gelandang City asal Belgia.

“Saya tidak tahu aturan yang sebenarnya sekarang. Saya telah bermain sepakbola profesional selama 12 tahun dan dalam sembilan tahun pertama tidak ada perubahan aturan,” sentil De Bruyne.

Gawang Citiy lantas jebol lagi menit 65 oleh Lo Celso yang baru masuk menggantikan Ndombele. Dia melepaskan tembakan keras menyelesaikan umpan sodoran Kane demi menggandakan keunggulan Tottenham.

City selanjutnya akan menjamu Burnley pada matchday 10 di Etihad Stadium, 28 November mendatang. Spurs baru tampil sehari berselang dengan bertandang ke Stamford Bridge untuk menjajal Chelsea.

Sebelum laga Liga Premier itu, pasukan Pep lebih dulu melawat ke Yunani untuk melawan Olympiakos pada matchday 4 Grup C Liga Champions, Rabu (25/11). Sehari kemudian Tottenham menjamu Ludogorets di Liga Europa. (m08/bbc/goal)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2