Timnas U-23 Siap Kerja Keras Hadapi Vietnam

  • Bagikan
PELATIH Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada pemainnya di sela latihan jelang laga perdana SEA Games 2022. PSSI

PHU THO, Vietnam (Waspada): Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Vietnam pada laga perdana SEA Games 2022 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5) malam ini mulai pukul 19.00 WIB. Laga ini diprediksi bakal berlangsung ketat dan menarik.

Vietnam selain tuan rumah juga berstatus sebagai juara bertahan event ini. Meski begitu, Indonesia tidak gentar menghadapi Vietnam.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan bahwa anak asuhnya sudah siap tempur melawan Vietnam. Meski akan bermain di kandang lawan, Shin berharap anak asuhnya tetap fokus.

“Pemain dalam kondisi bagus dan siap bekerja keras menghadapi Vietnam. Kami harap pemain fokus, disiplin dan berjuang maksimal demi meraih kemenangan,” kata Shin Tae-yong saat sesi jumpa wartawan, Kamis (5/5).

Pertemuan kedua tim terakhir kali terjadi pada akhir tahun lalu dalam ajang Piala AFF 2020. Saat itu Indonesia dan Vietnam bermain imbang 0-0.

“Sejak saya melatih Indonesia, sudah dua kali menghadapi Vietnam. Secara kemampuan Vietnam tim yang bagus, apalagi ada senior saya yang melatih (Park Hang-seo), namun performa kami semakin naik dan ditambah pemain-pemain yang bermain di luar negeri,” tambahnya.

Pada pertandingan nanti, dua pemain yakni Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott masih absen membela Garuda Muda karena belum bergabung ke Vietnam.

Laga yang diperkirakan berlangsung Stadion Viet Tri bakal dipenuhi oleh suporter tuan rumah. Hal itu terlihat dari jumlah tiket yang disediakan panitia sudah ludes terjual.

Namun begitu, Shin mengaku tak gentar dengan teror suporter tuan rumah. “Vietnam bertanding di rumahnya sehingga ini menguntungkan, tetapi ini pertandingan sepakbola,” kata Shin Tae-yong.

“Kalau kami bekerja keras dan berjuang maksimal, kami akan memiliki keberuntungan juga. Jadi, kalau ada kerugian, kami akan manfaatkan menjadi keuntungan,” ujarnya.

Sebelum berangkat ke Vietnam pada Selasa (3/5), Garuda Muda terlebih dahulu menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan. Selama di Negeri Ginseng tersebut terselenggara tiga pertandingan ujicoba.

Hasilnya menang 4-2 lawan tim Andong Science College, kemudian takluk 0-2 dari Pohang Steelers, dan terakhir ditaklukkan Daejeon Hana Citizen dengan skor 2-3. Timnas U-23 dua kali kalah dalam rangkaian tersebut.

Dari tiga pertandingan itu, Irfan Jaya menjadi yang tersubur dengan dua gol. Hanya saja Irfan tak masuk skuad untuk SEA Games. Shin Tae-yong lebih memilih Ricky Kambuaya, Marc Klok, dan Fachrudin Aryanto.

Dalam daftar 20 pemain, ada enam pemain yang pernah tampil di SEA Games. Keenam pemain tersebut adalah Egy Maulana, Saddil Ramdani, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, dan Firza Andika.

Sementara itu, Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang Seo, menanggapi pertanyaan soal taktik yang akan diterapkan ketika berhadapan dengan Timnas U-23 Indonesia di fase Grup SEA Games 2021 (SEA Games 2022).

Duel Vietnam vs Indonesia pada hari pertama cabang olahraga sepakbola SEA Games 2022 memang menyita perhatian. Status dua negara sebagai unggulan sekaligus peraih emas dan perak SEA Games sebelumnya menghangatkan tensi persaingan.

Selain itu, pertemuan dua pelatih Korea Selatan, Hang Seo dengan Shin Tae-yong, juga menjadi perhatian. Hang Seo sendiri tak membeberkan banyak hal mengenai siasat yang akan dilakukan dalam laga pertama namun mengaku siap dengan segala kemungkinan.

“Kami tidak tahu taktik apa yang akan digunakan Timnas Indonesia ketika bertemu dengan Vietnam. Kami memiliki banyak opsi dan pilihan lain untuk menjalani pertandingan dengan bagus melawan Indonesia,” jelas Hang Seo.

“Semua tergantung dari situasi yang akan dihadapi, saya akan memberikan taktik dan tindakan demi meraih hasil terbaik di pertandingan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hang Seo menekankan dirinya memahami kekuatan Indonesia saat ini yang dihuni pemain-pemain asal klub-klub luar negeri dan diperkuat pemain senior berpengalaman. Keberadaan Marc Klok sebagai pemain naturalisasi juga disinggung Hang Seo.

“Kami akan berupaya mengemban tanggung jawab besar demi membawa kegembiraan bagi orang-orang Vietnam,” kata Hang Seo. (m18/ant/cnni)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.