Waspada
Waspada » Timnas Siapkan Program Latihan Online
Olahraga

Timnas Siapkan Program Latihan Online

TIM Pelatih Timnas Indonesia akan mulai mempersiapkan tim menjelang gelaran Piala Dunia U20 tahun 2021 di Indonesia. PSSI

JAKARTA (Waspada): Pelatih Timnas Indonesia mulai mempersiapkan tim menjelang gelaran Piala Dunia U20 tahun 2021 di Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong dan staf bakal membuat program latihan online untuk skuad Garuda Indonesia.

Progam latihan online itu telah disusun dan dimatangkan tim pelatih Timnas Indonesia yang dipimpin Shin Tae-yong. Diungkapkan salah satu asisten pelatih, Nova Arianto, latihan online diharapkan bisa mulai berjalan pada bulan ini.

“Pertemuan virtual dengan coach Shin itu salah satunya membahas rencana terdekat yakni program home training yang akan dilakukan Timnas Indonesia U19. Rencananya akan digelar pada bulan ini,” kata Nova Arianto, Minggu (10/5).

Dalam waktu dekat, tim pelatih skuad Garuda akan mengumumkan nama-nama pemain yang dipanggil untuk menjalani pelatihan bersama Timnas U19 Indonesia. Nova juga menambahkan latihan online itu bakal dipandu oleh staf pelatih dari Korea Selatan, sedangkan sesi latihan langsung dipimpin oleh Shin Tae-yong.

“Nantinya para pemain yang dipanggil (masuk skuad) akan melakukan latihan dengan dibantu aplikasi video,” ujar Nova Arianto.

“Semua gerakan akan dipandu langsung oleh staf pelatih dari Korea Selatan dan sesi latihan dipimpin coach Shin,” ucapnya mengakhiri.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, masih menunggu aba-aba dari pemerintah untuk melanjutkan persiapan Piala Dunia U20 2021 di Indonesia.  Zainudin Amali mengatakan, kelanjutan persiapan Piala Dunia U20 tergantung keputusan dari pemerintah.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum PSSI tentang persiapan Piala Dunia U20 2021. Kami berkesimpulan akan mengikuti keputusan pemerintah tentang penanganan Covid-19 ini. Kami sepakat untuk tidak akan melanggar itu,” ucap Zainudin.

Tunggak Gaji

Sementara itu, PSSI dilaporkan menunggak gaji jajaran pelatih Timnas Indonesia. Termasuk Nova Arianto, satu di antara asisten pelatih untuk timnas senior dan U-19.

Nova mengaku gaji April 2020 belum dibayarkan PSSI. Padahal biasanya bayaran tersebut masuk maksimal tanggal 5 setiap bulannya.

“Untuk bulan-bulan sebelumnya gaji selalu lancar dan masuk setiap tanggal 5 per bulannya. Sekarang saya belum tahu kapan gaji akan cair. Mungkin tidak lama lagi,” ujar Nova.

Sebelumnya, PSSI juga berencana memotong gaji staf pelatih Timnas Indonesia akibat pandemi virus corona. Nova mengatakan belum mendapatkan kejelasan tersebut.

“Belum tahu juga dibayar penuh atau dipotong. Sekarang ini tengah tersendat karena pandemi virus corona,” tutur Nova.

Soal penunggakan gaji pelatih Timnas Indonesia, PSSI tidak membantah. Induk sepakbola Indonesia itu tengah krisis keuangan.

“Saat ini PSSI belum ada pendapatan. Jadi, bagian keuangan sedang mengatur tentang penggunaan dana, mana yang prioritas mana yang tidak. Sehingga semua bisa berjalan lancar,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi. (m42/bc)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2