Waspada
Waspada » Timnas Mesti Kerja Keras Lawan UEA
Headlines Olahraga

Timnas Mesti Kerja Keras Lawan UEA

TIMNAS Indonesia harus kerja keras saat menghadapi UEA pada pertandingan terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G, Jumat (11/6) malam. Dok.Antara

DUBAI (Waspada): Timnas Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) pada pertandingan terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G. Duel tersebut bakal berlangsung di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6) malam.

Empat hari sebelum partai melawan UEA, Timnas Indonesia dibantai oleh Vietnam di Stadion Al Maktoum, Dubai, dengan skor telak 0-4. Oleh sebab itu, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tak mau timnya kembali menelan hasil minor. Begitu pula dengan anak asuhnya.

“Saya rasa pemain juga tidak ingin kalah lagi,” ujar Shin Tae-yong disadur dari laman PSSI, Kamis (10/6). Lebih lanjut, Shin Tae-yong menegaskan bakal membenahi segala kekurangan timnya ketika dibantai Vietnam.

Pelatih asal Korea Selatan ini pun meminta Evan Dimas Darmono cs untuk tampil all out saat bersua UEA. “Saya akan perbaiki semuanya. Jadi saya harap pemain bisa tetap bekerja keras mengerahkan semuanya di atas lapangan demi negaranya,” imbuh Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Uni Emirat Arab (UEA), Bert van Marwijk, sama sekali tak menganggap enteng Timnas Indonesia. Walau mengalahkan Indonesia dengan skor 5-0 pada pertemuan pertama, pelatih asal Belanda ini melihat kekuatan calon lawannya telah berubah.

Indonesia yang dikalahkan UEA pada laga pertama tak sama lagi dengan skuad yang saat ini diarsiteki Shin Tae Yong. Indonesia dinilai cukup berhasil mempertontonkan karakter permainan pantang menyerah.

Buktinya, Indonesia mengimbangi Thailand dengan skor 2-2 dan menahan Vietnam selama 45 menit babak pertama sebelum akhirnya dilumat dengan skor 0-4 pada babak kedua.

Apalagi, posisi UEA untuk lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2022 belum aman. Saat ini tim penghuni peringkat ke-73 FIFA ini menjadi runner-up Grup G, di bawah Vietnam. Karenanya kemenangan atas Indonesia sangat penting.

Jika UEA kalah dari Indonesia dan pada saat bersamaan Malaysia meraih tiga poin atas Vietnam, posisi UEA bakal terancam. Kemenangan atas Indonesia akan mengamankan posisi UEA di klasemen.

“Saat ini saya fokus untuk pertandingan melawan Indonesia. Laga ini sama pentingnya dengan pertandingan dengan tim lainnya di turnamen ini. Kami tidak akan menganggap enteng mereka (Indonesia),” kata Van Marwijk.

“Telah saya katakan sejak awal bahwa kami harus memenangkan semuanya. Kami masih belum lolos ke fase selanjutnya. Kami akan lakukan segalanya untuk lolos. Itulah alasan kami di sini dan kami bekerja untuk itu,” ucapnya.

Adapun Indonesia berpotensi menyulitkan karena Shin Tae-ong ingin menutup laga pemungkas Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan kemenangan. Sejauh ini, dari tujuh pertandingan, Evan Dimas dan kawan-kawan hanya meraih satu poin.

Dengan hasil tersebut, Indonesia harus menjalani babak play-off untuk bisa tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023. Babak play-off ini kemungkinan berlangsung pada 2 dan 7 September 2021.

Sebelum dibantai Vietnam, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Thailand 2-2. Lalu takluk dari Malaysia (2-3, 0-2), Thailand (0-3), UEA (0-5), dan Vietnam (1-3). Hasil itu diraih saat masih dilatih oleh Simon McMenemy.

Enam kekalahan dan satu hasil imbang tersebut membuat peluang Timnas Indonesia untuk melaju ke fase berikutnya tertutup. Saat ini, skuad Garuda menjadi juru kunci Grup G dengan mengemas satu poin. (m18/bn/cnni)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2