Waspada
Waspada » Timnas Indonesia Ubah Program Latihan
Olahraga

Timnas Indonesia Ubah Program Latihan

AKIBAT penundaan lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia, program latihan Timnas Indonesia yang disusun bakal mengalami perubahan. PSSI

JAKARTA (Waspada): Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) memutuskan menunda seluruh pertandingan sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. PSSI menghormati keputusan yang telah diambil tersebut.

Rencananya, pertandingan laga kualifikasi Piala Dunia 2022 digelar pada Oktober sampai November mendatang. Akan tetapi, ditunda menjadi tahun depan karena virus corona belum berhenti penyebarannya.

Akibat penundaan tersebut, program latihan Timnas Indonesia yang disusun bakal mengalami perubahan. Hal tersebut karena tidak ada pertandingan yang dimainkan pasukan Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia sedang melaksanakan pemusatan latihan (TC) di Jakarta. Sebanyak 29 nama dipanggil untuk menjalani tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia melawan Thailand, Uni Emirat Arab, lalu terakhir Vietnam.

Kans Timnas Indonesia untuk tampil dalam putaran final Piala Dunia 2022 sebenarnya sudah pupus. Armada Garuda telah kekalahan dalam lima penampilan sehingga menduduki posisi juru kunci klasemen dengan nol poin.

“PSSI mendukung keputusan FIFA dan AFC terkait penundaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Rabu (12/8).

Apalagi, lanjut pria akrab disapa Iwan Bule itu, Piala AFF 2020 juga telah ditunda. “Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, Iriawan menjelaskan AFC belum mengubah agenda Piala Asia U-19 dan U-16. Dijadwalkan Piala Asia U-19 digelar pada 14 hingga 31 Oktober di Uzbekistan, sementara Piala Asia U-16 dihelat pada 25 November hingga 12 Desember mendatang.

Saat ini Timnas Indonesia U-19 melangsungkan TC di Jakarta yang diikuti 35 pemain. Sedangkan Timnas Indonesia U-16, menggelar TC di Bekasi, dengan memanggil 30 nama.

“PSSI mendapat informasi dari AFC bahwa masih menjadwalkan turnamen Piala Asia U-19 dan U-16 2020 sesuai jadwal. Namun demikian hal tersebut bisa menjadi pembahasan di Komite Kompetisi AFC,” katanya.

“Setiap federasi dan negara anggota AFC diperkenankan untuk memberikan masukan terkait kedua turnamen tersebut. Hal ini sangat baik karena PSSI ada Pak Endri Erawan (Exco PSSI) yang menjadi anggota Komite Kompetisi AFC,” pungkasnya. (m18/pssi)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2