Tim JKW-PWI Pusat Jelajah Alam Indonesia - Waspada

Tim JKW-PWI Pusat Jelajah Alam Indonesia

  • Bagikan
TIM Jelajah Kebangsaan Wartawan-Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI) foto bersama Wakil Penanggungjawab H Sofyan Harahap (4 kanan) dan beberapa redaktur Harian Waspada, Rabu (24/11) sore. Waspada/Andy Aditya

Kunjungi Waspada Setelah Singgahi 10 Provinsi

MEDAN (Waspada): Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan-Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI) melakukan kunjungan ke Kantor Harian Waspada di Jln Letjend Suprapto No. 1 Medan, Rabu (24/11) sore.

Dalam kunjungan itu, Tim JKW-PWI terdiri atas Ketua Dar Edy Yoga serta para riders Agus Blues Asianto, Yanni Krishnayanni, Indrawan Ibonk, dan Sonny Wibisono. Mereka didampingi pihak sponsor Kingland Tire & Tube yakni Ega Suryana, Haryanto, Hardian Widjaja, dan Ferry Candra.

Harian Waspada diwakili Wakil Penanggungjawab H Sofyan Harahap, Redaktur Olahraga Jonny Ramadhan Silalahi, Redaktur Nasional T Junaidi serta perwakilan perusahaan Arsyadona dan Erucakra Mahameru.

Dar Edy Yoga menjelaskan tim JKW-PWI sudah melakukan perjalanan kurang lebih 27 hari dengan menyinggahi 10 provinsi di Indonesia. JKW-PWI menargetkan berkeliling ke-34 provinsi dalam kurun waktu 105 hari.

“Lantas puncaknya tim JKW-PWI menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara,” terang Wakil Bendahara Umum PWI Pusat ini.

Selain riding, kata Yoga, kegiatan tim JKW-PWI juga diisi dengan mendaki tujuh gunung tertinggi di Indonesia. Di antaranya Gunung Kerinci, Bukit Raya, dan Carstensz Pyramid.

“Ini terobosan baru dari PWI Pusat, mengingat ini baru pertamakali dilakukan. Jika sukses, pastinya akan ada terobosan lainnya dilakukan di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Dijelaskan, tim pelaksana JKW-PWI ini nantinya akan membagikan cerita perjalanan mereka lewat dokumentasi yang disebar ke ratusan media massa dan media sosial.

“Catatan perjalanan itu pada akhirnya akan dijadikan buku berjudul ‘Indonesia Itu Indah,” terangnya sembari menambahkan pada Jumat (26/11) tim JKW-PWI akan berangkat menuju Riau, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat.

“Kegiatan JKW-PWI ini dapat terlaksana atas dukungan dari berbagai pihak, di antaranya Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asdep Olahraga Rekreasi, Kingland,” tutupnya.

Indrawan Ibonk selaku riders mengatakan dalam perjalanan ini, pihaknya juga dititipkan oleh sejumlah kementerian untuk pemberitaan dan pendokumentasian sejumlah hal, seperti berbagai pembangunan infrastruktur yang ada di sepanjang perjalanan keliling Nusantara.

“Kalau dari Kemenpora, kami ditugaskan melihat fasilitas-fasilitas olahraga di nusantara. Jadi memang kegiatan ini bukan sekadar riding atau mendaki gunung saja,” tambahnya.

Di sisi lain, Ibonk juga terkejut terkait kondisi banjir yang ada di Kota Medan. “Jadi memang ketika kami sampai di Kota Medan, langsung disambut dengan banjir. Alhasil tiga riders kami harus rela motornya mogok pada pukul 02.00 dini hari,” katanya.

“Saya heran juga, masalah banjir ini kok tidak pernah selesai di Kota Medan. Tentunya ini harus jadi perhatian serius pemerintah daerah. Karena dari sejumlah provinsi yang sudah kami jalani, insfrastrukturnya bagus-bagus, misalnya saja Provinsi Aceh,” ucapnya.

Wakil Penanggungjawab Harian Waspada Sofyan Harahap mendukung kegiatan JKW-PWI lantaran dinilai sebuah terobosan yang positif. “Terlebih nantinya hasil dari pengalaman para wartawan dalam riding dan mendaki ini akan dibukukan. Intinya dari perjalanan ini akan mengeksplor keindahan alam yang ada di Indonesia,” ujarnya. (m33)

  • Bagikan