Waspada
Waspada » Tiket Kroasia Tetap Kompak
Olahraga

Tiket Kroasia Tetap Kompak

KAPTEN Kroasia Luka Modric membobol gawang Skotlandia di Hamdpen Park, Glasgow. talkSPORT

GLASGOW (Waspada): Kroasia lepas dari masa kritis untuk menembus babak 16 besar Euro 2020, Selasa (Rabu WIB), seusai membungkam tuan rumah Skotlandia 3-1 pada matchday pamungkas Grup D.

Keunggulan cepat Hrvatska yang diperoleh melalui Nikola Vlasic, sempat dibalaskan Skotlandia lewat gol Callum McGregor. Namun kapten Luka Modric dan gelandang Ivan Perisic berhasil memastikan kemenangan Kroasia.

Menurut Modric dan pelatih Zlatko Dalic, tiket ke fase gugur sebagai runner-up Grup D itu dapat diraih berkat kekompakan. Internal tim samasekali tidak beriak kendati Kroasia sempat terpuruk di dasar klasemen.

“Setelah penampilan malam ini, kami mampu meninggalkan lapangan dengan bangga. Bahkan apabila kami kalah,” tutur Modric, seperti dikutip dari AFP, Rabu (23/6).

“Gol yang saya buat sangat berarti bagi kami. Saya senang itu membantu kami menang, tetapi hal terpenting adalah seluruh tim berperan dan kami tetap kompak,” beber bintang Real Madrid tersebut.

Kapten Modric tampak sangat emosional di Stadion Hampden Park, Glasgow, setelah gocekan individualnya yang cantik mengingatkan performanya pada Piala Dunia 2018.

“Kami kompak dan tidak membiarkan Skotlandia kembali ke permainan lebih larut. Kami mengadakan pembicaraan saat turun minum dan tidak pernah panik,” ucap Dalic.

“Hanya soal waktu sebelum kami mencetak gol kedua yang fantastis oleh Luka. Luar biasa bagaimana dia menjaga performa di level ini, saya bangga memiliki dia sebagai kapten tim,” sanjungnya.

Media Kroasia berspekulasi bahwa Dalic akan ditendang dari perannya apabila tim gagal lolos. Tetapi pelatih berusia 54 tahun itu lega melihat para pemainnya menyajikan permainan terbaiknya ketika dibutuhkan.

Kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan untuk melaju ke babak 16 besar. Setelah Callum McGregor menyamakan gol pembuka Nikola Vlasic untuk Kroasia, Modric menyarangkan bola ke gawang dari jarak jauh menit 62. Perisic menyegel kemenangan dengan sundulannya menit 77.

Runner-up Piala Dunia 2018 itu menampilkan permainan yang jauh lebih baik setelah kekalahan 0-1 dari Inggris dan imbang 1-1 melawan Republik Ceko.

“Selamat kepada anak-anak atas performa luar biasa yang mendorong kami ke babak gugur. Kami sekarang akan siap siapapun yang menantang kami di 16 besar,” klaim Dalic.

Kroasia yang akan menghadapi runner-up Grup E di Kopenhagen pada 28 Juni, mendapat dukungan sejumlah pendukung mereka yang hadir di London dan Glasgow.

“Hal terpenting adalah kami akan mendapati para fan kembali, karena kami akan jauh lebih kuat dengan mereka menyoraki kami dari tribun,” tegas Dalic. (m08/afp)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2