Waspada
Waspada » Tiga Atlet Dayung Aceh Dipanggil Seleksi Nasional
Olahraga

Tiga Atlet Dayung Aceh Dipanggil Seleksi Nasional

Ketua Pengprov PODSI Aceh Drs. T. Sulaiman Badai, diapit tiga atlet yang dipanggil seleksi nasional Aulia Rahman (kiri), Wahyuni dan Rinal Firnanda. Waspada/Munawardi/B

BANDA ACEH (Waspada): Sedikitnya tiga atlet dayung atlet Aceh dipanggil untuk mengikuti Seleksii Atlet Nasional di Jakarta. Mereka harus bersaing dengan 50 atlet seluruh Indonesia untuk menjadi atlet nasional. Ketiga atlet dayung Aceh itu, saat ini masih aktif mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) KONI Aceh.

Pemanggilan seleksi tersebut berdasarkan surat pengurus pusat Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) bernomor 209/PODSI/XI/2020 tanggal 25 November 2020 yang ditujukan kepada Pengprov PODSI seluruh Indonesia.

Seleksi tersebut dipersiapkna untuk pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara alias  SEA Games ke-31 yang akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam. Atlet putra-putri yang dipanggil untuk nomor canoe dan kayak.

“Seleksi itu akan berlangusng 1-7 Desember untuk putra dan 8-14 Desember untuk putri. Tempatnya di Situ Cipule, Kabupaten Karawang, Jawa Barat,” kata Ketua Umum Pengprov PODSI Aceh Teuku Sulaiman Badai kepada Waspada, Rabu (25/11) di Banda Aceh.

Disebutkan, ketiga atlet dayung Aceh yang dipanggil seleksi itu; dua putra satu putri. Putra atas nama Aulia Rahman dan Rinal Firnanda. Sementara atlet putri atas nama Wahyuni. “Ini sebuah kebanggaan bagi PODSI Aceh atletnya dipanggil Seleknas, tapi kita tak bisa langsung berpuas diri, karena perjuangan masih panjang,” tutur Sulaiman.

Dia mengakui, saingan secara nasional cukup ketat, namun ia berharap para atletnya nanti mampu mengharumkan nama daerah. “Alhamdulillah, kita berharap mereka nanti bisa bekerja keras dan lolos menjadi atlet nasional,” ujar dia.

Sulaiman juga menambahkan, selama ini tiga atlet yang dipanggil Seleknas tersebut bagian dari delapan atlet dayung Aceh yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Provinsi Papua. “Ada delapan atlet yang menjalani Pelatda; empat putra dan empat putri,” ujar dia.

“Mereka semuanya dinyatakan lolos PON dari hasil Pra PON di Jatiluhur, Jawa Barat, tahun lalu. Pemusatan latihan sudah berlangsung dari 20 Oktober hingga Desember nanti,” kata Teuku Sulaiman Badai.

Selain tiga nama di atas, lima atlet lain yang menjalani pemusatan latihan yakni Khairil Munawir, dan Zulfahmi di bagian putra. Sedangkan atlet putri yakni Olivia, Mutia Risma, Natasha Anggraini.

“Selama ini mereka dilatih pelatih Suheri, Darsono, dan Marwin Fikri. Mereka dibantu seorang di bagian perlengkapan dan peralatan,” ujar Sulaiman seraya menyebutkan, latihan dayung dilakukan di Krueng (sungai) Lamnyong, Banda Aceh. Sedang latihan fisik di kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Disebutkan, selama ini, pemusatan latihan berlangsung secara intensif pagi dan sore. Semua atlet berlatih di nomor kendaraan. Kami berharap pemusatan latihan ini bisa meningkatkan kemampuan atlet,” kata Sulaiman Badai yang menargetkan tlet dayung mempersembahkan medali untuk Aceh. (b04/C)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2