Waspada
Waspada » The Reds Termahal
Olahraga

The Reds Termahal

The Reds Termahal
MANAJER Jurgen Klopp (kiri), sukses mengatrol harga jual Virgil van Dijk (kanan) dan kawan-kawan seiring dengan peningkatan prestasi Liverpool.(The Independent)

LONDON (Waspada): The Reds Liverpool dianggap memiliki skuat termahal di Eropa dengan kisaran harga bernilai 1,27 miliar poundsterling atau sekitar Rp23,3 triliun.Demikian hasil laporan CIES Football Observatory, seperti dikutip dari Sky Sports, Selasa (17/3).

The Reds asuhan manajer Jurgen Klopp mengalahkan saingannya Manchester City yang skuatnya bernilai 1,24 miliar pound atau sekitar Rp22,6 triliun.

Barcelona berada di posisi ketiga dengan nilai skuat 1,06 miliar pound (sekitar Rp19,5 triliun). Sedangkan Real Madrid peringkat keempat dengan nilai skuat 1 miliar pound (sekitar Rp18,4 triliun.)

Pasukan Chelsea menempati urutan kelima dengan nilai 917 miliar pound (sekitar Rp16,7 triliun), Manchester United turun ke posisi enam dengan nilai 916 miliar pound (sekitar Rp16 triliun).

Sedangkan untuk kategori pemain, penyerang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe dinilai sebagai yang paling mahal dengan nilai transfer lebih dari 227 juta pound atau sekitar Rp4,18 triliun.

Namun sukses Liverpool menjuarai Liga Champions musim lalu dan kandidat kuat kampiun Liga Premier musim ini, telah mengatrol harga jual para pemainnya. Padahal, hanya bek sentral Virgil van Dijk yang cukup mahal saat dibeli Si Merah dari Southampton.

Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino dan Andy Robertson adalah beberapa contoh bintang yang dibeli Reds dengan harga relatif murah. Pemain seperti Trent Alexander-Arnold justru tanpa argo karena jebolan akademi Liverpool.

Jadikan Pemain Bintang

Klopp berhasil memaksimalkan kemampuan pasukannya dan membuat mereka menjadi bintang papan atas. Kriteria demikian berdasarkan nilai pemain dan sejumlah variabel termasuk usia, performa, perkembangan karier dan durasi kontrak.

Kini The Anfield Gank sedang menjalani program mandiri, karena kompetisi Liga Premier 2019/2020 dihentikan hingga 3 April mendatang sebagai imbas mewabahnya virus corona. James Milner cs pun berlatih secara mandiri di rumah masing-masing dengan fokus melatih fisik, seperti berlari, berenang dan banyak lagi.

“Liverpool akan bekerja sama dengan tim medis atau badan lain yang berwenang untuk mengatur situasi terkini. Hal itu untuk menentukan kapan waktu yang tepat bagi pemain untuk kembali berlatih di Melwood,” kata Liverpool dalam pernyataan di laman resminya.

Setelah melewati 29 pertandingan, Reds mantap memimpin klasemen sementara Liga Premier dengan mengoleksi 82 angka, unggul 25 poin dari juara bertahan Manchester City di tempat kedua.

“Jika kami memenangkan trofi Liga Inggris di stadion kosong tanpa kehadiran penonton, saya akan kecewa. Jika tidak ada suporter di Anfield itu merupakan pukulan yang berat, tidak ada yang mau bermain tanpa penonton,” jelas Van Dijk.

“Sampai keputusan dibuat tentang kelanjutan kompetisi ini, maka kami harus menghadapinya. Ketika kompetisi kembali digulirkan, kami akan membawa trofi Liga Inggris kepada para fans,” tekad bek asal Belanda itu. (m15/sky)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2