Waspada
Waspada » Tentara Vaksin Timnas Spanyol
Olahraga

Tentara Vaksin Timnas Spanyol

Pinterest

MADRID (Waspada): Tim nasional Spanyol akan menjalani vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan tentara, hanya beberapa hari jelang start turnamen Euro 2020 yang berlangsung 11 Juni-11 Juli 2020.

“Kami akan memvaksinasi semua pemain di skuad Spanyol dengan (dua dosis) vaksin Pfizer yang akan disuntikkan oleh tentara,” ucap Menteri Kesehatan Carolina Darias, seperti dikutip dari AFP, Kamis (10/6).

Keputusan tersebut diambil setelah manajemen tim mengatakan telah menyiapkan skuad paralel yang terdiri dari 17 pemain cadangan yang mungkin harus bermain apabila infeksi menyebar di antara pemain.

Skuad dari Timnas U-21 itu adalah Alvaro Fernandez (Huesca), Oscar Mingueza (Barcelona), Marc Cucurella (Getafe), Bryan Gil (Eibar), Juan Miranda (Betis), Gonzalo Villar (Roma/Italia), Alejandro Pozo (Eibar), Brahim Diaz (AC Milan/ITA), Martin Zubimendi (Real Sociedad), Yeremy Pino (Villarreal) dan Javi Puado (Espanyol).

Mereka bergabung dengan enam pemain cadangan dari tim senior, yakni Rodrigo Moreno (Leeds/Inggris), Pablo Fornals (West Ham/Inggris), Carlos Soler (Valencia), Brais Mendez (Celta Vigo), Raul Albiol (Villarreal), Kepa Arrizabalaga (Chelsea/Inggris).

Kondisi demikian terjadi setelah bek Diego Llorente jatuh sebagai korban kedua yang kedapatan positif Covid-19 dalam semalam, menyusuli nasib kapten Sergio Busquet (foto tengah) yang terjangkit sejak akhir pekan lalu.

“Tentu ini merupakan situasi yang tak menyenangkan, salah satu yang sulit. Tapi kami akan melewatinya,” beber Jordi Alba, bek andalan El Matador yang mentas di Barcelona.

“Semoga keduanya, Busi dan Llorente bisa bergabung lagi dengan kami. Ini di luar kuasa kami tentunya, itu bergantung pada (pelatih) Luis Enrique,” tambah Alba.

Seluruh anggota skuad El Matador pun telah menjalani isolasi. Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) dalam laman resminya menyatakan, sudah memanggil 11 pemain untuk bergabung dengan enam pemain cadangan yang telah bertugas membantu skuad utama yang terdampak virus corona.

Spanyol akan memulai kampanye Euro 2020 dengan melawan Swedia di babak penyisihan Grup E, 13 Juli mendatang.

Skuad Swedia juga terdampak oleh infeksi Covid-19 dengan dua pemainnya yang positif adalah winger Dejan Kulusevski dan gelandang Mattias Svanberg.

Ke-11 pemain dari tim U-21 yang mengalahkan Lithuania 4-0 dalam pertandingan pemanasan terakhir Timnas Spanyol, Selasa lalu, tidak akan memiliki kontak dengan skuad utama asuhan entrenador Luis Enrique.

Menurut Alba, Busquets punya peran penting sekaligus pantas menjadi kapten timnas, menggantikan peran Sergio Ramos yang tidak dipanggil Enrique karena sedang cedera.

“Saya akan senang untuk memberikan kembali ban kapten ke Busi, karena saya ingin tim bisa lebih baik. Dia tak hanya pemain terbaik di posisinya, tapi juga rekan tim yang luar biasa dan pribadi yang luar biasa,” puji Alba.

“Seorang pemimpin yang dicintai dan dihormati semua skuad Spanyol. Pasti sangat sulit ada di sini dan tiba-tiba diberi tahu bahwa hasil tes Anda positif, lantas Anda dipulangkan,” katanya menambahkan. (m08/afp/mrc)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2