Swedia Lawan Final Bersejarah Kanada - Waspada

Swedia Lawan Final Bersejarah Kanada

  • Bagikan
  The Independent

TOKYO (Waspada): Kanada berhasil melaju ke final cabor sepakbola putri, setelah mengalahkan juara dunia Amerika Serikat 1-0 pada laga semifinal Olimpiade 2020 Tokyo, Senin (2/8).

Dalam duel seimbang di Stadion Ibaraki Kashima itu, Jessie Fleming (foto tengah) menjadi pahlawan kemenangan Kanada lewat gol penaltinya menit 74.

Swedia menjadi lawan final Kanada yang sepanjang sejarah baru kali pertama mentas di partai puncak Olimpiade. Ini juga sukses pertama Kanada dalam 20 tahun terakhir mengalahkan AS.

Kanada yang meraih perunggu pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, meraih hadiah penalti setelah Deanne Rose dijatuhkan Tierna Davidson di dalam kotak terlarang Amerika.

Meski memenangkan pertandingan, Kanada kalah dalam penguasaan bola. Fleming cs cuma menguasai 44 persen dan hanya menciptakan empat peluang, sedangkan, AS mencatatkan 13 peluang dan lima di antaranya tepat sasaran.

Pada laga semifinal lainnya, Swedia yang tampil ciamik sepanjang kejuaraan dengan susah payah menaklukkan Australia 1-0.

Sepanjang babak pertama tidak ada gol yang terjadi. Baru menit 46 kebuntuan terpecahkan dengan gol gelandang Barcelona, Fridolina Rolfo.

Gol Rolfo cukup aneh dan diwarnai keberuntungan. Sebab sebelumnya pemain Swedia lebih dulu melepaskan tendangan jarak jauh yang terbentur pemain lain dan membuat kebingungan di dalam kotak penalti Australia. Rolfo pun hadir menyambar bola tersebut.

Duel itu juga diwarnai kartu merah untuk pemain Australia Ellier Carpenter, sehingga membuat Australia cukup kesulitan mengejar ketertinggalannya.

Laga final sepakbola putri akan bergulir 6 Agustus di Stadion Olympic antara Kanada kontra Swedia. Sedang perebutan medali perunggu berlangsung di Stadion Ibaraki Kashima pada 5 Agustus. (m08/kyd)

  • Bagikan