Waspada
Waspada » Suarez Minta Barca Siap Bila Madrid Terpeleset
Olahraga

Suarez Minta Barca Siap Bila Madrid Terpeleset

BOMBER Barcelona Luis Suarez membobol gawang Espanyol yang dikawal kiper Diego Lopez di Camp Nou. Getty Images

MADRID (Waspada): Gol Luis Suarez menjadi pembeda, Rabu (Kamis WIB), ketika Barcelona menjinakkan tetangganya Espanyol 1-0 dalam Derbi Catalunya pada jornada 35 La Liga.

Akibat hasil itu, Espanyol nilai 24 terpuruk di dasar klasemen dan sudah dipastikan terdegradasi. Tim besutan Francisco Rufete itu hanya bisa finis dengan posisi terbaik di urutan 18 jika memenangkan ketiga laga sisanya.

Sedangkan juara bertahan El Barca (76) memangkas jaraknya dari pemimpin klasemen Real Madrid (77). Hanya saja jarak itu bisa melebar lagi manakala Madrid mampu memukul tamunya Alaves di Estadio Alfredo Di Stefano, Sabtu (11/7) dinihari mulai pkl 0300 WIB.

Kendati demikian Suarez meminta rekan setimnya bersiap meningkatkan tekanan bila El Real terpeleset. “Apa yang harus kami lakukan adalah memenangkan tiga laga berikutnya,” pinta bomber asal Uruguay itu, Kamis (9/7).

“Apa pun yang dilakukan Madrid, terserah mereka. Tapi jika mereka terpeleset, itu fantastis dan kami harus bersiap untuk berada di sana,” tegas Suarez.

Barca jauh dari performa terbaiknya saat menjamu Espanyol di Camp Nou. Bahkan pemain pengganti Ansu Fati dikeluarkan wasit menit 50, setelah masuk di awal babak kedua menggantikan bek Nelson Semedo. Pemain Espanyol Pol Lozano juga dikartu merah tiga menit berselang.

“Kami tahu duel ini akan sulit, kami tahu situasi mereka. Kami menyadari fakta bahwa kami harus tampil bagus hari Minggu lalu,” jelas Suarez.

“Dan kami masih merasakan konsekuensi dari itu secara fisik. Yang penting adalah menang dan mendapatkan tiga poin lagi,” beber mantan bomber Liverpool dan Ajax Amsterdam tersebut.

Suarez yang menjaringkan gol krusial penentu kemenangan menit 56 untuk

menaikkannya ke peringkat ketiga pencetak gol terbanyak sepanjang masa El Blaugrana. Berkat golnya pula, Los Cules memperpanjang rekor tak terkalahkannya menjadi sembilan pertandingan beruntun.

“Saya pikir jika saya tidak mencetak gol di babak pertama atau Barcelona tidak menciptakan lebih banyak peluang, itu menunjukkan keunggulan lawan yang sangat terorganisir dengan baik,” tutur Suarez.

Dia tak lupa membela Antoine Griezmann yang melewati musim pertama yang buruk bersama Los Cules. Mantan penyerang Atletico Madrid itu hanya mencetak sembilan gol La Liga dari 30 kali dimainkan sebagai starter musim ini.

Penyerang Prancis berusia 29 tahuni tu akibatnya terus dikritik, mengingat harganya yang mahal sekitar 120 juta euro saat didatangkan ke Camp Nou musim panas silam. “Griezmann akan selalu mendapatkan dukungan kami,” klaim Suarez.

Entrenador Quiqui Setien juga mengaku senang atas peran Griezmann musim ini. Termasuk saat dia tampil sebagai starter untuk kemudian digantikan dengan Arturo Vidal ketika El Catalan menekuk Espanyol.

“Kami sudah mencari solusi bersama dia sepanjang musim. Dia bermain bagus sekali saat melawan Villarreal, tapi tak sebagus itu malam ini. Kami akan terus menyusun formula yang membantu dia,” janji Setien.

Espanyol selanjutnya menjamu Eibar pada jornada 36, Minggu (12/7), sehari setelah Barcelona bertandang ke markas Valladolid. (m08/fe)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2