Waspada
Waspada » Spanyol Senang Permalukan Panser
Olahraga

Spanyol Senang Permalukan Panser

      The Standard

MADRID (Waspada): Entrenador Luis Enrique dan striker Ferran Torres (foto tengah), senang Timnas Spanyol mempermalukan Jerman 6-0 pada laga pamungkas Liga A Grup 4 UEFA Nations League 2020/2021.

“Saya sangat senang telah mencetak hatrik pertama dalam karier saya. Tetapi yang terpenting adalah hasilnya,” tegas Torres lewat Football Espana, Rabu (18/11).

“Kami telah mencetak enam gol melawan Jerman dan sudah lama sekali tidak ada yang mampu melakukannya,” klaim bintang muda klub Manchester City tersebut.

Pesta gol dalam laga kandang di Stadion Cartuja, Sevilla, Selasa (Rabu WIB) itu, sekaligus membawa El Matador naik ke puncak klasemen dengan kemasan 11 poin. La Furia Roja menggeser Der Panzer dengan selisih dua angka, sedangkan laga lainnya antara Swiss kontra Ukraina terpaksa dibatalkan akibat wabah Covid-19.

“Hari ini saya merasakan hal sama seperti penggemar, senang dan bahagia. Sangat penting untuk mendapatkan kembali jalur kemenangan dan kami harus menikmatinya,” ucap Enrique.

Torres mengemas trigol ke gawang Jerman menit 33, 55 dan 71. Mikel Oyarzabal yang masuk menggantikan bomber berumur 20 tahun itu, turut menyumbang satu gol di pengujung laga. Gol Spanyol lainnya dicetak Alvaro Morata (17’) dan Rodri Hernandez (38’).

Menurut Toni Kroos, gelandang Tim Panser yang merumput di Real Madrid, Sergio Ramos cs seakan mengajarkan mereka bermain dengan bola dan tanpa bola. Spanyol sangat dominan dengan penguasaan bola 70 persen dan melepaskan 23 tembakan, sebaliknya Jerman hanya dua kali memberikan ancaman.

Kekalahan itu terburuk bagi Die Mannschaft pada laga kompetitif dalam 62 tahun terakhir. Jerman tidak pernah kebobolan enam gol dalam satu laga sejak digilas Prancis tahun 1958 silam.

“Itu menyakitkan, saat bertahan kami tidak mendapatkan akses sama sekali. Spanyol menunjukkan kepada kami bagaimana cara bertahan, cara bermain dengan dan tanpa bola,” jelas Kroos.

“Spanyol pantas menang di level ini. Mereka melakukannya dengan baik, kami melakukannya dengan buruk. Sekarang kami tahu di posisi mana kami berdiri,” timpal Serge Gnabry, winger Panser yang bermain di Bayern Munich.

Kendati kalah telak, Direktur Timnas Oliver Bierhoff memastikan posisi pelatih Joachim Low tetap aman sampai putaran final Euro 2020 yang dimundurkan setahun pagelarannya.

Low diangkat menggantikan bosnya Jurgen Klinsmann pasca Piala Dunia 2006 dan telah mempersembahkan trofi Piala Dunia 2014 Brazil, tetapi timnya secara mengejutkan tersingkir di fase grup Rusia 2018. Jerman juga gagal menjuarai Euro 2008, 2012 dan 2016.

“Pertandingan ini tidak mengubah apa pun. Kami masih mempercayai Joachim Low, itu tidak diragukan lagi,” beber Bierhoff.

Di Grup 3, Prancis memantapkan posisinya sebagai juara grup dengan memukul Swedia 4-2 nilai 16. Portugal sebagai runner-up pada laga terakhirnya sukses menekuk tuan rumah Kroasi 3-2. (m08/fe/uefa)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2