Spanyol Beri Lampu Hijau TC Timnas U-19 - Waspada

Spanyol Beri Lampu Hijau TC Timnas U-19

  • Bagikan
KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) menyaksikan pesepakbola Timnas U-19 yang berlatih di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Selasa (17/11). Antara

JAKARTA (Waspada): Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkapkan federasi sepakbola Spanyol telah memberikan lampu hijau bagi Timnas U-19 Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di negara tersebut.

“Ada informasi kalau Spanyol memberikan lampu hijau untuk bisa berlatih,” kata Iriawan saat menyaksikan latihan Timnas U-19 di Kompleks GBK Jakarta, Selasa (17/11).

Sepulang dari Kroasia, PSSI sebelumnya membidik tiga negara sebagai lokasi pemusatan latihan lanjutan Timnas U-19. Ketiga negara maksud yaitu Belanda, Jepang atau Korea Selatan.

Namun Belanda belum memberikan jawaban, begitu pun dengan Jepang. Sementara Korea Selatan, menurut Iriawan, pihaknya belum mengantongi izin dari Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) untuk dapat membawa skuad Garuda Muda berlatih di sana.

Meski demikian, PSSI masih terus menjajaki komunikasi dengan KFA demi kelanjutan TC di Negeri Ginseng itu. Namun jika memungkinkan, Iriawan menuturkan PSSI lebih menginginkan mengirim Timnas U-19 ke Spanyol ketimbang Korea Selatan.

Pasalnya, apabila berlatih di Korea Selatan, ada sejumlah persyaratan yang mesti dipenuhi, salah satunya yakni kewajiban karantina selama 14 hari. PSSI juga mengkhawatirkan kondisi suhu udara yang sangat dingin pada Desember nanti.

“(TC) lebih baik kalau di Eropa. Kalau Korea Selatan ada karantina 14 hari. Kalau Spanyol tidak ada. Ini menjadi pertimbangan. Korea Selatan juga belum ada (izin) baik dari federasi maupun pemerintah. Kalau di Spanyol sudah ada,” ujar Iriawan.

Kalau pun tidak bisa melakukan TC di luar negeri, Iriawan mengatakan bahwa Indonesia menjadi pilihan terakhir. “Kalau seandainya terjadi sesuatu dua negara tidak bisa, terpaksa kita TC di Indonesia. Tapi itu kemungkinan kecil,” tambahnya.

Seandainya itu terjadi, maka Timnas U-19 hanya akan menggelar ujicoba melawan klub-klub lokal seperti Persija Jakarta dan Persib Bandung. Bahkan jika memungkinkan, timnas senior juga bakal dipanggil untuk ujicoba dengan skuad Garuda Muda.

Sebanyak 38 pemain Timnas U-19 Indonesia sudah kembali menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya GBK, Jakarta sejak Senin (16/11).

Iriawan dalam kesempatan ini menyebut stamina pemain Timnas U-19 mengendur setelah menjalani latihan virtual selama sepekan.

Sebelumnya, Timnas U-19 digembleng ketat selama dua bulan saat TC di Kroasia. Sepulangnya dari Kroasia, pemain mendapatkan libur selama sepekan dilanjutkan latihan virtual dari rumah masing-masing selama dua minggu.

David Maulana cs baru kembali berkumpul dan menjalani pemusatan latihan lanjutan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, sejak Senin (16/11).

“Pagi ini saya melihat latihan mereka di lapangan di hari kedua. Sebelumnya mereka latihan virtual meskipun latihan di sini tanpa pelatih kepala, Shin Tae Yong, tapi dia melihat terus melalui video secara real time.”

“Saya lihat anak-anak staminanya mulai kendur karena kemarin kan latihan virtual. Mudah-mudahan digenjot latihan anak-anak maksimal lagi staminanya,” ungkapnya (m18/ant)

  • Bagikan