Waspada
Waspada » Southgate Coret Maguire
Olahraga

Southgate Coret Maguire

Fabwags

LONDON (Waspada): Manajer Gareth Southgate mencoret bek sentral Harry Maguire dari skuad Inggris untuk pertandingan UEFA Nations League.

Southgate memutuskan demikian, Selasa (Rabu WIB), setelah Pengadilan Yunani memvonis bersalah Maguire atas berbagai tuduhan menyusul perkelahian yang terjadi akhir pekan lalu di Pulau Mykonos.

“Mengingat perkembangan malam ini, saya bisa mengonfirmasi bahwa saya telah menarik Harry Maguire dari skuad Inggris untuk laga melawan Islandia dan Denmark,” jelas Southgate, seperti dilansir Reuters, Rabu (26/8).

Pengadilan Yunani memvonis Fern Hawkins (foto) bersalah atas pelecehan, percobaan suap, kekerasan terhadap pegawai pemerintah dan penghinaan terhadap kepolisian setempat.

Kapten Manchester United berusia 27 tahun itu dijatuhi hukuman percobaan penjara 21 bulan ditambah 10 hari. Dia sempat masuk skuad terbaru Southgate yang dirilias pada 25 Agustus 2020, justru saat persidangan berlangsung.

“Seperti sudah saya katakan sebelumnya, saya berhak meninjau situasi ini,” dalih manajer berumur 49 tahun tersebut.

“Setelah berbicara dengan MU dan sang pemain, saya telah mengambil keputusan. Ini demi kepentingan terbaik semua pihak dan dengan pertimbangan dampaknya terhadap persiapan kami untuk pekan depan,” klaim Southgate.

Maguire mengaku tidak bersalah dan dibebaskan setelah menghabiskan dua malam di tahanan polisi. Setelah diputus bersalah, mantan bek Leicester City mengaku sudah memerintahkan tim hukumnya untuk segera mengajukan banding.

Karena hukuman kurungannya ditangguhkan dengan jaminan, Maguire telah pulang ke Inggris dan persidangan di Yunani dilakukan tanpa kehadiran dirinya.

United dalam pernyataannya mengatakan bahwa tim hukum Maguire akan mengajukan banding dan sang pemain terus berjuang untuk menegaskan bahwa dirinya tidak bersalah.

Hukumannya ditangguhkan selama tiga tahun dengan dalih itu merupakan tindakan melawan hukum pertamanya. Dakwaan-dakwaannya pun termasuk tindak pidana ringan.

“Saya telah berbicara dengan Harry. Saya mendapat sudut pandang cerita yang sangat berbeda dengan apa yang direkam. Anda hanya dapat mengambil keputusan dari fakta-fakta yang Anda cermati,” papar Southgate.

Inggris akan bermain melawan tuan rumah Islandia di Reykjavik pada 5 September, lantas dijamu Denmark tiga hari kemudian di Copenhagen.

Southgate tidak memanggil pengganti Maguire. Sedangkan kapten Harry Kane dimasukkan skuad meskipun tengah dalam karantina setelah liburan dari Bahama.

Striker Manchester United Mason Greenwood, Phil Foden dari Manchester City dan Kalvin Phillips dari Leeds United, semuanya akan melakukan debut internasional bersama The Three Lions.

Pasukan Southgate tidak bermain sejak November 2019 sebagai dampak dari pandemi virus corona yang juga telah memaksa Euro 2020 dimundurkan satu tahun. (m08/rtr)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2