Solusi Bagus Si Biru - Waspada

Solusi Bagus Si Biru

  • Bagikan
Football London

LONDON (Waspada): Chelsea mendapat solusi bagus dalam persiapannya menuju laga Piala Super UEFA melawan Villarreal di Stadion Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara, 11 Agustus mendatang.

Solusi itu berupa kemenangan yang disertai beberapa percobaan formasi oleh manajer Thomas Tuchel, saat Si Biru menaklukkan Arsenal 2-1 pada laga ujicoba pramusim bertajuk Mind Series.

Dalam London Derby pada Minggu malam di Stadion Emirates itu, winger Kai Havertz (foto kanan) dan striker Tammy Abraham (foto kiri) berbagi gol kemenangan The Blues ke gawang The Gunners. Tuan rumah Arsenal hanya membalaskan satu gol melalui gelandang Granit Xhaka.

“Kami membutuhkan solusi, karena kami pada tanggal 11 melawan Villarreal dan tanggal 14 memulai musim baru,” tutur Tuchel, seperti dikutip dari laman London Blues, Senin (2/8).

Pelatih asal Jerman itu memainkan gelandang Christian Pulisic sebagai wing back, sebab beberapa pemain Chelsea belum bisa bergabung karena beberapa alasan. Pulisic menempati posisi bek kanan dalam skema formasi 1-3-4-3 dan Callum Hudson-Odoi menjadi bek kiri.

Posisi bek Biru biasanya diisi Marcos Alonso, Ben Chilwell, Cesar Azpilicueta atau Reece James. “Dia (Pulisic) bermain di sana bersama saya di Dortmund dan kami sering seperti itu dengan Callum,” dalih Tuchel.

“Marcos tidak bisa bermain hari ini, jadi kami menempatkan Callum di sisi kiri dan itu ingin saya lihat sejak lama. Callum mungkin bisa lebih berbahaya dari posisi masuk ke dalam seperti yang dia lakukan kali ini,” tambahnya.

Mantan pelatih Borussia Dortmunda dan Paris SG berusia 47 tahun itu memuji Pulisic dan Callum, tetapi bukan berarti mempermanenkan posisi mereka sebagai bek sayap kembar.

“Kami memiliki Azpi dan Reece untuk posisi ini (bek kanan). Tapi Azpi baru memulai latihan dua hari yang lalu dan Reece bahkan belum memulai,” tegas Tuchel.

London Biru unggul lebih dulu menit 27, setelah Kai Havertz menaklukkan Bernd Leno dengan memanfaatkan bola umpan serangan balik dari Timo Werner.

London Merah sempat menyamakan kedudukan menit 69 lewat sundulan Xhaka yang memaksimalkan umpan tendangan sudut.

Namun Arsenal kebobolan lagi menit 72. Abraham yang mengembalikan keunggulan Chelsea dengan memanfaatkan kesalahan bek Hector Bellerin di area pertahanan Gunners.

“Itu merupakan pencapaian luar biasa. Ini awal kami meraih pencapaian dan tentu akan memberi kami kepercayaan diri yang tinggi,” ucap Pulisic.

“Kita sudah melihat sekarang bahwa kami bisa bersaing dengan tim-tim top. Kami mempunyai skuad yang kuat,” klaim bintang asal Amerika Serikat tersebut.

Dalam laga ujicoba sebelumnya, Chelsea menang atas Peterborough United (6-1) dan Bournemouth (2-1).

Juara Liga Champions itu berikutnya menjajal Tottenham Hotspur pada laga lanjutan Mind Series di Stamford Bridge pada 4 Agustus. Pada laga pamungkas, Gunners akan menyambangi Tottenham Hotspur Stadium, 8 Augstus mendatang. (m08/espn)

 

  • Bagikan