Waspada
Waspada » Sinergitas KONI Sumut-Cabor Sangat Penting
Olahraga

Sinergitas KONI Sumut-Cabor Sangat Penting

KETUA Umum Pengprov FPTI Sumut Drg Yerzi A Rinjani SpOr pose bersama Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Sinergisitas antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara dan pengurus cabang olahraga harus terbina dengan baik, sehingga cabor dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi dan mengharumkan Sumut.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sumut, Drg Yerzi A Rinjani SpOr, menanggapi John Ismadi Lubis yang kembali memimpin KONI Sumut untuk empat tahun ke depan

“Sinergisitas antara KONI Sumut dan cabang olahraga sangat penting. Mengingat KONI sebagai induk organisasi cabang olahraga mempunyai tujuan meningkatkan prestasi olahraga baik di tingkat nasional bahkan internasional,” kata Yerzi, Senin (1/2).

Yerzi juga menyampaikan agar KONI Sumut lebih memberikan perhatian dan stimulan kepada cabor-cabor yang punya keinginan kuat untuk bangkit.

Dia mencontohkan cabor panjat tebing yang sudah membuktikan dengan memberi kontribusi medali (2 emas dan 2 perak) pada Porwil Bengkulu 2019.

“Kami yang minim sarana prasarana sangat mengharapkan bantuan berbagai pihak di Sumut untuk mewujudkan peningkatan sarana prasarana olahraga yang standar. Kami juga ingin memiliki SDM cabor (pelatih, juri dan pembuat jalur) yang bersertifikat. Untuk itu perlu kiranya kita membuat pelatihan-pelatihan tenaga teknis,” harapnya.

Dikatakan, KONI Sumut sebagai organisasi yang mewadahi semua cabang olahraga perlu melihat dan memetakan apa saja yang selama ini menjadi masalah dan kendala dalam membangun kualitas dan prestasi olahraga itu sendiri.

“Terutama untuk melihat potensi, bakat dan minat generasi muda olahraga pastinya kita harus tahu juga apa yang menjadi masalah dalam membangun kualitas olahraga. Dukungan berupa fasilitas itu sangat penting,” imbuhnya

Soal kepengurusan KONI Sumut, Yerzi menyebutkan ke depan KONI Sumkut idealnya dikelola oleh orang-orang yang punya komitmen dan dedikasi kemajuan olahraga.

Karena menurutnya SDM olahraga juga terkait dengan pengurus organisasi olahraga, maka mereka itu mesti orang-orang pilihan yang memang mau membangun dunia olahraga.

“Ketua KONI Sumut mesti membangun sinergi dengan Pengcab olahraga dalam kerangka kebersamaan membangun olahraga ke depan yang lebih baik. Pilihlah pengurus yang mempunyai komitmen, dedikasi, dan integritas agar roda organisasi KONI berjalan dengan baik sesuai harapan kita semua,” terangnya.

Pengprov FPTI Sumut sendiri, lanjut Yerzi, juga ingin ada representasi dalam kepengurusan (KONI Sumut). “Agar KONI Sumut ke depan bisa merajut kerjasama dan sinergis yang lebih baik lagi dengan cabor panjat tebing,” tutupnya. (m33)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2