Waspada
Waspada » Shin Tae-yong Puji Permainan Timnas U-19
Olahraga

Shin Tae-yong Puji Permainan Timnas U-19

PEMAIN Timnas U-19, Witan Sulaeman, menguasai bola saat ujicoba kontra NK Dugopolje di Stadion NK Uskok Klis, Split, Kroasia. PSSI

ZAGREB (Waspada): Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong memuji permainan para pemainnya setelah menaklukkan tim muda klub divisi kedua Liga Kroasia NK Dugopolje dengan skor 3-0 di Kroasia, Kamis (8/10) malam.

“Saya mengapresiasi pemain yang mampu memenangkan laga ini. Kami sanggup mencetak tiga gol di babak pertama dan itu menambah kepercayaan diri pemain. Gol-gol itu tercipta melalui proses yang baik,” ujar Shin dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (9/10).

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, semua pemain yang diturunkan tampil bagus dalam pertandingan tersebut, termasuk yang masuk ke lapangan dari bangku cadangan Yofandani Damai dan Muhammad Fadhil.

Yofandhani (kiper) dan Fadhil menjalani debut ujicobanya di Kroasia saat melawan Dugopolje. Mereka masuk pada babak kedua. “Saya rasa mereka bermain dengan baik,” kata Shin Tae-yong.

Di sisi lain, Shin Tae-yong mengatakan bahwa dirinya masih mencari pemain berpostur tinggi yang fasih dalam menguasai bola. “Saya mencari pemain dengan postur tinggi dan unggul dalam penguasaan bola,” ujarnya.

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut ingin menyempurnakan taktik penguasaan bola dan permainan cepat skuatnya.

Meski begitu, Shin Tae-yong menyebut bahwa dirinya cukup puas dengan komposisi pemain yang ada saat ini meski jumlah pemain yang tinggi badannya di atas 180 sentimeter di timnya masih terbatas.

Sosok tertinggi di skuat Timnas U-19 yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia adalah Elkan Baggott yang bertinggi badan 1,94 meter.

“Postur pemain mungkin tidak bisa diubah, tetapi saya melihat anak-anak yang ada sekarang semakin cepat dalam bermain. Namun, semuanya masih membutuhkan proses,” kata Shin Tae-yong.

Kemenangan atas Dugopolje pun disambut gembira oleh para pemain. Akan tetapi, gelandang Muhammad Kanu Helmiawan menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya tidak boleh terlena dengan situasi tersebut.

“Itu hasil yang bagus dan kami tidak kebobolan. Meski begitu, masih ada yang perlu dibenahi dan kami harus terus bekerja keras. Saya pribadi senang diturunkan oleh pelatih di babak kedua,” tutur Kanu.

Tiga gol Indonesia dibuat oleh Braif Fatari, Brylian Aldama (penalti) dan Witan Sulaeman. Itu menjadi kemenangan ketiga Timnas U-19 dari delapan laga ujicoba selama berada di Kroasia. Sebelumnya, mereka berhasil menaklukkan Qatar dan Dinamo Zagreb.

Pada laga ujicoba berikutnya, Timnas U-19 akan melawan Macedonia Utara pada Minggu (11/10). Timnas U-19 dijadwalkan menjalani enam pertandingan ujicoba selama bulan Oktober 2020 di Kroasia.

Setelah bertemu Dugopolje dan Macedonia Utara, mereka akan kembali menghadapi Macedonia Utara pada Rabu (14/10), lalu menjajal kekuatan Bosnia-Herzegovina pada Selasa (20/10) dan Jumat (23/10).

Ujicoba terakhir Timnas U-19 pada bulan Oktober 2020 ditetapkan pada Senin (26/10) dengan lawan yang belum ditetapkan. Semua pertandingan itu menjadi bagian dari pemusatan latihan (TC) persiapan menuju Piala Asia U-19 pada awal tahun 2021 di Uzbekistan.

Setelah Piala Asia U-19, Timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia. (m18/ant)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2