Waspada
Waspada » Shin Tae-yong Maklum Timnas U-19 Kalah
Olahraga

Shin Tae-yong Maklum Timnas U-19 Kalah

PEMAIN Timnas U-19, Irfan Jauhari berebut bola dengan pemain Bulgaria Dimitar Zhekov dalam turnamen U-19 internasional di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri. PSSI

ZAGREB, Kroasia (Waspada): Manajer Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak mempermasalahkan kekalahan Timnas U-19 dengan skor 0-3 dari Bulgaria U-19.

“Tidak masalah meski harus kalah. Tim ini masih berproses karena materi latihan dengan intensitas tinggi dan para pemain sudah menunjukkan kerja kerasnya di pertandingan tadi,” ujar Shin Tae-yong dikutif dari laman resmi PSSI, Minggu (6/9).

Juru taktik asal Korea Selatan itu pun menegaskan performa David Maulana cs akan terus ditingkatkan dengan berbagai menu latihan yang akan diberikan.

Sejak beberapa hari sebelum pertandingan, Shin Tae-yong memang memilih bersikap realistis. Timnas U-19 disebutnya harus bersiap menerima kekalahan pada laga kontra Bulgaria. Bukan karena lawan lebih hebat, melainkan skuad Garuda Muda masih dalam proses awal.

Hal itu dibuktikan dengan intensitas latihan fisik yang tinggi dalam sepekan terakhir sejak tiba di Kroasia. Shin Tae-yong terus menggeber fisik anak asuhnya agar bisa tampil spartan selama 90 menit laga.

Dalam pertandingan pertama tersebut, Timnas U-19 sudah terlihat membaik dari segi stamina. Walau akhirnya harus takluk 0-3 dari Bulgaria U-19 dalam pertandingan berlangsung di Stadion Igraliste NK Polet, Sabtu (5/9) malam WIB.

Timnas Bulgaria U-19 sedari awal sudah menggempur pertahanan Indonesia. Akan tetapi, Rizky Ridho cs mampu menunjukkan kegigihan sepanjang 70 menit pertandingan. Gawang Adi Satryo mampu dilindungi secara kolektif dari serangan-serangan lawan.

Akan tetapi, kelengahan pada menit 78 membuat Martin Petkov mampu membuka skor lewat sundulan. Setelah itu, Bulgaria menambah dua gol lagi lewat Stanislav Shopov (82’) dan gol kedua Martin Petkov (88’). Skor akhir 3-0 untuk kemenangan tim berkostum merah tersebut.

Bek Timnas U-19 Bayu Mohammad Fiqri mengakui skuadnya kurang fokus khususnya di 15 menit terakhir pertandingan sehingga kebobolan tiga gol. Namun, Bayu juga mengakui Bulgaria tim yang bagus.

“Kami kehilangan fokus saat terjadinya gol tadi. Bulgaria tim yang bagus dan kami juga mendapat pengalaman berharga. Kami berusaha meningkatkan permainan kami di pertandingan ujicoba selanjutnya,” tutur dia.

Tidak Beruntung

Federasi Sepakbola Bulgaria (BFU) menganggapi kemenangan Timnas Bulgaria atas Indonesia U-19. BFU melalui situs resmi federasi mengatakan Timnas Bulgaria U-19 tidak beruntung saat melawan Indonesia.

BFU mengklaim Bulgaria U-19 seharusnya mampu unggul sejak babak pertama karena mendominasi laga. “Sejak menit pertama tim Bulgaria menekan lawan, tapi karena tidak beruntung, ditambah aksi bertahan ekstrem lawan, mencegah tim meraih keunggulan sebelum jeda babak pertama,” tulis BFU.

Setelah melawan Bulgaria, Timnas Indonesia U-19 akan menantang tuan rumah Kroasia pada Selasa (8/9) malam WIB. Setelah itu, pada pertandingan terakhir, tim Merah Putih akan menghadapi Arab Saudi yang tumbang 3-4 dari Kroasia pada 11 September 2020.

Selain turnamen tersebut, Timnas Indonesia U-19 akan menjajal kekuatan lain seperti Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta klub Dinamo Zagreb selama menjalani pemusatan latihandi Kroasia. TC dijadwalkan berlangsung hingga akhir September 2020. (m42/pssi/ant)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2