Waspada
Waspada » Shin Sudah Biasa Kalahkan Park
Olahraga

Shin Sudah Biasa Kalahkan Park

DUBAI (Waspada): Pertandingan antara Vietnam dan Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, Senin (7/6) malam ini, bakal mempertemukan dua pelatih asal Korea Selatan, Park Hang Seo dan Shin Tae Yong.

Kedua pelatih tersebut baru kali pertama bertemu ketika menangani tim nasional. Namun ketika melatih klub, keduanya sudah 10 kali bersua. Shin tercatat memenangkan delapan laga melawan Park. Sementara Park hanya sekali menang dan satu laga lain berakhir seri.

Dalam kurun waktu tiga tahun tersebut, Shin selalu menjadi pelatih Seongnam Ilhwa. Sedangkan Park melatih Chunham Dragons sejak 2009 hingga 2010 dan kemudian menangani Sangju Sangmu.

Shin mayoritas membukukan kemenangan-kemenangan dengan selisih skor lebih dari satu gol. Hanya sekali anak asuh Shin menang 1-0 atas skuad arahan Park.

Shin menang empat kali atas Park ketika kompatriotnya itu menangani Chunham Dragons. Begitu pula ketika Park menjadi pelatih Sangju Sangmu, Shin juga mengoleksi empat kemenangan.

Satu-satunya kekalahan Shin dari Park diderita ketika Chunham Dragons menang 2-0 atas Seongnam Ilhwa di Piala K-League 2009. Sedangkan satu-satunya hasil imbang dibukukan Shin dan Park dalam K League 2012 yang berakhir dengan skor 1-1.

“Di atas lapangan, mungkin kami rival. Tapi, setelah pertandingan, kami akan tetap saling menghargai,” kata Shin Tae-yong terkait persaingannya dengan Park Hang-Seo.

“Saat memasuki pertandingan, saya pasti berkepala dingin. Menang atau kalah itu biasa. Tapi, saat ini kami harus fokus meraih kemenangan,” imbuh arsitek berusia 51 tahun ini.

Park lebih dulu menangani Vietnam, tepatnya pada 2017. Sosok yang pernah memperkuat Timnas Korea Selatan itu juga menangani Timnas Vietnam U-22 dan U-23. Park pun tak asing berjumpa dengan Indonesia.

Dalam pertemuan Indonesia vs Vietnam yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Park membawa skuad The Golden Star menang 3-1 atas tim Merah Putih arahan Simon McMenemy.

Partai perebutan emas SEA Games 2019 kembali mempertemukan anak asuh Park dengan anak asuh Indra Sjafri. Di laga final, Indonesia kalah telak 0-3.

Selama empat tahun menangani Vietnam, Park juga sudah empat kali bertemu Malaysia dan Thailand. Namun hanya Indonesia yang belum pernah mengalahkan Vietnam asuhan Park.

Saat ini, Timnas Indonesia sedang menjalani latihan pemulihan setelah mengimbangi Thailand 2-2 pada matchday keenam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Shin Tae-yong memuji militansi Evan Dimas cs atas hasil itu.

“Pemain sangat bekerja keras saat melawan Thailand. Namun, ada beberapa pemain yang mengalami cedera. Untuk beberapa pemain, mereka bisa sembuh dan dapat bermain menghadapi Vietnam,” jelas Shin Tae-yong.

“Karena ini turnamen, kami harus mengumpulkan energi. Otomatis, porsi latihan turun dan menjadi sedikit. Setelah mengumpulkan energi, istirahat dari pagi hingga siang, energi itu akan dikeluarkan saat latihan sore,” imbuhnya.

Sementara itu, striker Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh, menggebu-gebu jelang pertemuan timnya dengan Timnas Indonesia. Ia mengatakan bahwa Vietnam sedang menyelesaikan bagian terakhir untuk mempersiapkan pertandingan mendatang melawan Indonesia dengan tujuan kemenangan yang menentukan.

“Seluruh tim menantikan pertandingan yang sangat sulit, semua persiapan sedang diselesaikan, semoga kami memiliki pertandingan yang bagus melawan Indonesia,” kata Tien.

Vietnam saat ini berada di atas angin. Pasukan Park Hang-seo ini memimpin klasemen sementra Grup G dengan 11 poin.

“Kami membidik hasil maksimal terakhir, dalam persiapan, kami menyempurnakan taktik ofensif dan defensif untuk menghadapi Indonesia,” lanjutnya. (m18/cnni/bc)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2