Shin Minta Timnas Jangan Lengah
Lawan Singapura Malam Ini

  • Bagikan

SINGAPURA (Waspada): Pelatih Shin Tae-yong menekankan Timnas Indonesia agar terus fokus dan mewaspadai Singapura dalam laga semifinal Piala AFF, Rabu (22/12) malam ini.

Dalam sesi konferensi pers yang berlangsung Selasa (21/12), Shin Tae-yong menyebut Singapura termasuk kategori tim yang patut diwaspadai. Lantaran hal tersebut, Shin Tae-yong bakal menekankan Skuad Garuda agar fokus penuh sepanjang laga berlangsung.

“Pertandingan yang saya tonton hanya saat melawan Thailand, sisanya hanya lewat video. Pastinya saya merasa Singapura tim yang bagus, apalagi saat melawan Filipina dan Myanmar. Kami tidak boleh lengah karena saya menganggap Singapura tim yang baik. Jadi tidak boleh satu persen pun kami lengah. Ini kami tegaskan ke pemain,” tutur Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menyatakan bahwa tekanan dalam laga lawan Singapura tak jauh berbeda dibandingkan dengan duel lawan Vietnam dan Malaysia di fase grup.

“Pertandingan pertama dan kedua (Kamboja dan Laos) untuk conditioning dan meningkatkan performa, ketiga dan keempat dan seterusnya harus dianggap final. Selalu saya tegaskan ke pemain harus kerja maksimal di setiap pertandingan,” kata Shin.

Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura dalam semifinal yang berlangsung dalam format dua leg. Laga pertama digelar pada Rabu (22/12) sedangkan leg kedua akan dilangsungkan pada Sabtu (25/12).

Pelatih Timnas Singapura Tatsuma Yoshida mengaku sudah tahu kelemahan Timnas Indonesia. Yoshida menganggap Indonesia sebagai tim kuat, terbukti sukses lolos ke semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B dengan mengalahkan Vietnam.

Pelatih asal Jepang itu mengaku Singapura sudah mengetahui kelemahan Timnas Indonesia dan akan memanfaatkan hal itu saat bertemu pada semifinal Piala AFF.

“Saya telah membuat rencana khusus, kami telah menemukan titik lemah dan memiliki solusi untuk mengatasi gaya Indonesia,” ujar Yoshida.

“Kami tidak ingin mengungkap lebih banyak, hanya mengatakan kami akan berusaha membatasi kesalahan sendiri, demi mengalahkan mereka dengan permainan tim. Tetap strategi yang sudah dipersiapkan juga bisa menjadi bagian dari solusi,” ucap Yoshida.

Yoshida mengaku terkesan dengan penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF. Pelatih berusia 47 tahun itu mengatakan Timnas Indonesia punya permainan yang militan di setiap pertandingan.

“Tim Indonesia bermain sangat impresif dalam bertahan. Saya tidak keberatan jika mereka bermain seperti pertandingan melawan Vietnam. Pertahanan Indonesia dalam dan terkadang mereka menemukan peluang untuk melakukan serangan balik,” ucap Yoshida.

“Mereka benar-benar bermain dengan sengit melawan Vietnam. Penuh semangat. Pemain Indonesia juga sangat kuat, ketika mereka hampir tidak berhenti berlari di lapangan,” sambung Yoshida.

Rekor Pertemuan

Dilihat dari rekor pertemuan, Timnas Indonesia kalah lima kali dari Singapura di Piala AFF. Dari 9 pertemuan sebelumnya di Piala AFF, Timnas Indonesia menang dua kali, imbang 2 kali, dan kalah lima kali melawan Singapura.

Terakhir kali Indonesia dan Singapura bentrok di Piala AFF 2018. Pada pertandingan pertama Grup B itu, Indonesia kalah 0-1 lewat gol yang dicetak pemain andalan Singapura Hariss Harun pada menit ke-37. (m18/pssi/cnni)

Head to Head Piala AFF

03/09/98 Indonesia v Singapura 1-2

07/12/04 Indonesia v Singapura 0-0

08/01/05 Indonesia v Singapura 1-3

16/01/05 Singapura vs Indonesia 2-1

17/01/07 Singapura vs Indonesia 2-2

09/12/08 Singapura vs Indonesia 2-0

28/11/12 Indonesia vs Singapura 1-0

25/11/16 Singapura vs Indonesia 1-2

09/12/18 Indonesia vs Singapura 0-1

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.