Serie A Bakal Susul Bundesliga

  • Bagikan
Sempreinter

ROMA (Waspada): Harapan Serie A Liga Italia untuk mengikuti langkah Bundesliga Jerman akan ditentukan dalam sebuah pertemuan seluruh komponennya dengan Pemerintah Italia, Kamis (28/5) ini.

Tetapi Serie A sepertinya bakal menyusul Bundesliga yang sudah menggulirkan lagi tiga spieltag musim 2019/2020, jika dirujuk dengan perubahan sikap Vincenzo Spadafora (foto) selaku Menteri Olahraga Italia.

Sempat terkesan kaku dan keras, belakangan Spadafora sangat terbuka sekaligus lunak terhadap Federasi Sepakbola Italia (FIGC) dan Liga Serie A. Dia bahkan menyatakan para ilmuwan di jajaran pemerintahan telah menyetujui perubahan protokol kesehatan yang diajukan FIGC.

“Ini merupakan kabar yang luar biasa. Latihan kelompok sudah bisa dilanjutkan lagi,” kata Spadafora, seperti dikutip dari Football Italia, Rabu (27/5).

“Yang paling penting adalah niat kuat untuk menyelesaikan kompetisi, kemudian federasi akan membuat format untuk diadopsi,” ujarnya lagi.

Rencana isolasi bagi anggota tim selama dua pekan di fasilitas pelatihan klub untuk mencegah risiko penularan virus pun sudah dibatalkan. Sebagai gantinya, bila seorang pemain ditemukan positif Covid-19, maka yang bersangkutan akan dikarantina selama dua pekan.

Presiden FIGC Gabriele Gravina dan Presiden Serie A Paolo Dal Pino, menyambut baik perubahan sikap pemerintah tersebut. Gravina mengatakan bahwa Komisi Medis FIGC tengah bekerja menyusun protokol yang bakal diterapkan seandainya kompetisi Serie A kembali bergulir.

Mulai Berlatih

Serie A telah dihentikan sejak pertengahan Maret lalu akibat pandemi virus corona yang bermula dari Kota Wuhan di China. Tapi klub sudah mulai kembali menggelar latihan sejak 4 Mei lalu, seiring adanya pelonggaran lockdown alias karantina wilayah di Negeri Pizza.

Klub-klub kembali berlatih dalam kelompok-kelompok mulai 19 Mei, tetapi pertandingan kompetitif masih tertunda sampai pertengahan Juni. Ada indikasi Spadafora dan Komite Teknik Sains Pemerintah Italia akan sama-sama menyepakati implementasi protokol kesehatan dan melanjutkan musim 2019/2020.

Jika ada lampu hijau Kamis ini, Liga Serie A akan bertemu Jumat (29/5) guna mempelajari “hipotesis kalender berbeda” untuk laga tersisa musim Serie A dan Piala Italia.

Liga Italia menginginkan kompetisi berlanjut akhir pekan nanti pada 13-14 Juni, diawali dengan empat laga tertunda antara Atalanta vs Sassuolo, Hellas Verona vs Cagliari, Inter Milan vs Sampdoria dan Torino vs AC Parma. (m08/fi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *