Sergio Nilai Wasit Bunuh Persiraja

  • Bagikan
PARA pemain Persiraja memprotes wasit Iwan Sukoco saat pertandingan melawan PSIS dalam lanjutan Liga 1 Indonesia. Waspada/ist

BANDA ACEH (Waspada): Pelatih Persiraja Banda Aceh, Sergio Alexandre, mengatakan wasit Iwan Sukoco sudah membunuh tekad timnya dengan putusan kontroversial dalam laga kontra PSIS Semarang.

Dalam pertandingan pekan ke-19 Liga 1 2021-2022, Rabu (12/1), Iwan Sukoco menjadi  pengadil yang memimpin laga Laskar Rencong kontra Laskar Mahesa Jenar. Skuad Persiraja kalah tipis akibat gol Wallace Costa di detik akhir pertandingan.

Gol tersebut mengundang protes keras dari pemain dan ofisial tim Persiraja mengingat gol tersebut terjadi sudah melewati additional time lima menit. Gol sendiri terjadi di menit 95.22.

Kekecewaan besar melanda kubu tim promosi ini. Akibat buruknya kepemimpinan wasit, Sergio Alexandre yang menjalani debut bersama Laskar Rencong pun nampak kecewa. Tapi, dia sukses menanamkan energi baru pada Akhirul Wadhan dan kawan-kawan.

Terbukti, Persiraja tampil spartan dan tak membiarkan PSIS mudah menerobos pertahanan, tak seperti laga-laga sebelumnya. Hanya saja, perjuangan para pemain Persiraja tampak terganggu dengan kepemimpinan wasit Iwan Sukoco.

Pada menit ke-49, bek Andika Kurniawan mendapat kartu kuning kedua meski terlihat hanya melakukan gerakan melompat seperti biasa. Tampaknya wasit Iwan Sukoco menilai Andika mengayunkan siku dengan agresif yang memantik keheranan pemain Persiraja.

Persiraja terlihat sanggup bertahan dengan 10 pemain, bahkan beberapa kali menyerang balik lewat Jabar Sharza. Bahkan sebuah aksi Defri Riski yang tinggal menerobos sendiri pertahanan PSIS dianggap offside oleh wasit.

Tetapi, sebuah umpan silang putus asa dari PSIS saat laga sudah melewati masa tambahan waktu menjadi pembunuh Persiraja. Wallace Costa menanduk bola tersebut untuk mencetak gol dan Iwan Sukoco lantas meniup peluit akhir selepas kick off.

Para pemain Persiraja langsung merubung Iwan Sukoco lantaran sang wasit tak kunjung meniup peluit akhir. Usai pertandingan, Sergio Alexandre menyatakan Iwan Sukoco telah mematikan semangat timnya.

“Saya tidak senang dengan apa yang wasit lakukan kepada kami pada laga ini. Saya pikir kami tidak layak untuk mendapatkan kekalahan. Ini bukan soal perpanjangan waktu terlalu lama, tapi dia benar-benar membunuh kami,” tandasnya.

Untuk diketahui, ini bukan kali pertama Iwan Sukoco mendapat kritik negatif dari pelatih Liga 1. Sebelumnya, Pelatih Persita Tangerang Widodo C Putro juga meminta PT LIB merumahkan Iwan Sukoco. “Saya berharap PT Liga Indonesia mengevaluasi wasit ini yang namanya Iwan Sukoco,” ujar Widodo kala itu.

Menurut dia, Iwan Sukoco kerap membuat kontroversi. “Tetapi kenapa masih dipakai,” tanya legenda Timnas Indonesia ini penuh heran. Saat itu, Iwan Sukoco mengkartu merah Irsyad Maulana meski pihak lawan mengakui si winger Persita tak melakukan pelanggaran. (b04/C)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *