Waspada
Waspada » Sensasi Awal Sepakbola Putra
Olahraga

Sensasi Awal Sepakbola Putra

BINTANG kemenangan Brazil Richarlison (kanan), merayakan golnya ke gawang Jerman dengan winger Antony pada matchday 1 Grup D Cabor Sepakbola Putra Olimpiade 2020 Tokyo, Kamis (22/7). Verve Times

TOKYO (Waspada): Rangkaian kejutan nan sensasional langsung mewarnai laga perdana babak penyisihan Cabor Sepakbola Putra Olimpiade 2020 Tokyo, Kamis (22/7).

Sensasi awal yang paling merusak prediksi terjadi di Grup C. Dua tim favorit, Argentina dan Spanyol, sama-sama meraih hasil minor pada pertandingan pertama mereka.

Argentina yang tempur dengan 10 pemain setelah Francisco Ortega kena kartu merah menit 45+3, dipecundangi Australia 0-2. Kedua gol Aussie tercipta di masing-masing babak lewat aksi Lachlan Wales (14′) dan Marco Tilio (80′).

Spanyol yang diperkuat beberapa bintang Euro 2020 juga menjalani laga pembuka yang tidak memuaskan. El Matador ditahan 0-0 oleh Mesir di Stadion Sappore Dome.

Duet Eric Garcia dan Pau Torres mengawal jantung pertahanan Spanyol. Gelandang muda Pedri tumpuan di lini tengah. Sedangkan Marco Asensio, Mikel Oyarzabal dan Dani Olmo menjadi trisula di lini depan.

Namun skuad Spanyol U-23 tidak mampu memanfaatkan sederet peluang yang dimiliki. Di antaranya menit 27 lewat sepakan Dani Ceballos pasca menerima umpan umpan Dani Olmo, namun bola masih membentur tiang kanan gawang Mesir.

Menit 49 Mikel Merino mendapat peluang melepaskan tembakan di kotak penalti lawannya asal Afrika. Tetapi bola masih bisa diamankan kiper Mesir Mohamed El Shenawy.

Rafa Mir sedikitnya punya dua kesempatan emas dengan tembakannya menit 79 dan sundulan menit 84. Namun keduanya tetap belum membuahkan hasil.

Di Grup A, tim favorit Prancis menelan kekalahan telak 1-4 dari Meksiko di Stadion Tokyo. Kapten Prancis Andre-Pierre Gignac mendapatkan dua peluang hingga pertengahan babak pertama. Namun kegagalan Gignac mengonversikannya menjadi gol, membuat Meksiko sangat percaya diri memasuki babak kedua.

Sombrero hanya butuh dua menit untuk unggul 1-0 pasca jeda. Berawal dari umpan terukur Diego Lainez dari dalam kotak penalti, Alexis Vega mampu menyundul bola dengan tenang untuk mengoyak gawang Pangeran Biru yang dikawal kiper Paul Bernardoni.

Permainan agresif Meksiko kembali membuat Prancis melakukan kesalahan fatal menit 54. Bola yang coba diumpan bek tengah Pierre Kalulu mampu diblok pemain Meksiko dan bola liar itu kemudian diumpankan Carlos Rodriguez kepada Sebastian Cordova yang tidak terkawal.

Upaya Les Bleus untuk mengejar ketertinggalan membuahkan hasil menit 69. Pemain pengganti Randal Kolo Muani dilanggar kotak penalti Meksiko dan Gignac sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya membobol gawang Guillermo Ochoa.

Namun sebelas menit berselang, Meksiko merestorasi keunggulannya. Pemain pengganti Ariel Antuna mencetak gol lewat tendangan mendatar ke sisi kiri gawang Prancis dari dalam kotak penalti.

Sombrero memantapkan kemenangannya pada injury time babak kedua. Eduardo Aguirre mencetak gol keempat Meksiko melalui tembakan keras dari sudut sempit.

Di Grup D, laga seru menghangatkan kemenangan dramatis juara bertahan Brazil dengan skor 4-2 atas 10 pemain Jerman di Stadion Nissan, Jepang.

Richarlison menjadi bintang kemenangan Tim Samba dengan mencetak hatrik dari tiga peluang yang didapatkannya. Bomber klub Everton itu membobol gawang Jerman menit ketujuh, 22 dan 30.

Jerman yang mencetak satu gol balasan melalui Nadiem Amiri (57′), memanaskan pertandingan justru setelah tempur dengan 10 pemain menyusul kartu kuning kedua yang diterima kapten Maximilian Arnold (63′).

Harapan Panser Muda hidup lagi berkat gol Ragnar Ache (84′). Namun pemain pengganti Paulinho berhasil memulihkan keunggulan Brazil dengan gol larutnya menit 90+5.

“Karena ini pertama kalinya saya (ikut Olimpiade), perasaannya tentu lebih istimewa. Itu terlepas dari kenyataan bahwa saya memiliki pengalaman hebat di masa lalu,” jelas Dani Alves, bek kanan sekaligus kapten Brazil yang sudah berusia 38 tahun. (m08/afp/espn)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2