Sekda Berharap Atlet NPC Banggakan Sumut - Waspada

Sekda Berharap Atlet NPC Banggakan Sumut

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara, Afifi Lubis siap mendukung penuh pembinaan atlet disabilitas binaan National Paralympic Committee (NPC). 

Hal itu dikatakan Sekda saat menerima audiensi pengurus NPC Sumut, di ruang kerjanya, di kantor Gubsu, Selasa (14/9) siang.

Afifi mengatakan, pemerintah provinsi saat ini tetap berkomitmen mendukung semua program pembinaan olahraga. Termasuk akan menyamakan perhatian antara atlet NPC dengan non disabilitas.

Baik anggaran pembinaan maupun bonus bagi atlet berprestasi, sehingga dia berharap atlet NPC bisa membanggakan Sumut pada Peparnas 2021 mendatang.

Sebab sesuai instruksi Presiden Jokowi, negara hadir tanpa membeda-bedakan antara atlet difabel dengan non difabel.


“Tentunya Pemprovsu tetap berkomitmen agar bagaimana caranya olahraga kita ini lebih berpestasi, baik itu melalui atlet yang akan berlaga di PON ataupun Peparnas. Intinya, kita tidak pernah membeda-bedakan pembinaan atlet difabel dengan yang lain,” ucap Afifi.


Dirinya juga memberikan motivasi bagi atlet NPC khususnya yang akan berlaga di Peparnas 2020 Papua, pada bulan November ini. Sekda berpesan kiranya para atlet Sumut bisa membuat bangga nama daerah, dan siap memberikan reward bagi mereka yang berprestasi.


“Kami tentu akan tetap memberikan bonus bagi atlet yang berprestasi, siapapun dia. Maka, saya berpesan, jadilah yang terbaik di Peparnas nanti, bawa nama harum provinsi di kancah nasional,” pesan Afifi kepada perwakilan atlet.


Apresiasi juga dikatakan Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting yang turut didampingi Wakil ketua Mazrinal, Erwin Nasution,dan sejumlah atlet.


Alan menilai komitmen dan perhatian luar biasa dari pemerintah provinsi, tentu menjadi motivasi tambahan bagi atlet yang akan berlaga di Peparnas tahun ini.


“NPC berterima kasih sekali pak Sekda siap mendukung penuh baik persiapan ke Peparnas 2020 maupun persiapan jangka panjang kita di tahun depan,” ujarnya.


Alan berharap untuk tahun selanjutnya, NPC Sumut bisa mendapat dukungan anggaran maksimal dari pemerintah provinsi, guna mendukung program-program NPC, baik jangka pendek maupun jangka panjang.


“Di tahun depan ada beberapa program yang harus kita ikuti baik nasional dan internasional. Termasuk jangka panjang menuju Peparnas 2024,” harap Alan.


Direncakan, Sekda juga akan meninjau latihan para atlet NPC yang saat ini sudah memasuki pelatda penuh untuk persiapan berlaga di Peparnas nanti. kehadiran Sekda nantinya diharapkan bisa menambah semangat para atlet sekaligus memberikan motivasi tambahan sebelum berangkat menuju Papua.


Seperti diketahui, pada Peparnas 2020 di Papua, Sumut berkekuatan 65 atlet dan akan berlaga di 9 cabang olahraga. Target tiga besar nasional seperti torehan Peparnas sebelumnya, menjadi harapan realistis bagi pengurus NPC dengan target 40 medali emas. (m33)

  • Bagikan