Waspada
Waspada » Sasaran Suporter Serbu Markas Marseille
Olahraga

Sasaran Suporter Serbu Markas Marseille

      Eurosport

PARIS (Waspada): Presiden klub Jacques-Henri Eyraud (foto kanan) yang menjadi sasaran utama suporter menyerbu markas Olympique Marseille, menuding insiden itu sangat memalukan.

Sedangkan pelatih Andre Villas-Boas (foto kiri) yang menjadi sasaran lain dari insiden itu, sudah mengisaratkan segera mundur dari jabatannya.

Akibat aksi yang terjadi Jumat (Sabtu WIB) tersebut, manajemen Marseille menyebut seluruh pihak yang ada di klub terancam keselamatannya. Bahkan tak sedikit yang mendapat goncangan psikis, di antaranya bek Alvaro Gonzalez yang dilaporkan terkena proyektil.

“Tindakan yang tidak bertanggung jawab dan tidak dapat diterima. Ini harus dikutuk dengan sangat keras,” hardik Eyraud, seperti dikutip dari AFP, Minggu (31/1).

“Kami menyerukan tindakan yang sangat keras bagi para pembuat onar yang mengaku sebagai pendukung tim, tetapi menghancurkan fasilitas dan mengancam karyawan serta pemain,” ujarnya lagi.

Marseille pun akan membawa kasus penyerbuan disertai perusakan fasilitas tim oleh suporter garis keras itu ke kepolisian agar bisa diproses secara hukum. Manajemen telah mengumpulkan semua bukti saat penyerbuan dan perusakan yang dilakukan suporter.

Akibat insiden itu pula, laga antara Marseille melawan Stade Rennes pada journee 22 Ligue 1 Prancis, harus ditunda. Massa yang diperkirakan berjumlah 150 hingga 200 orang terlihat membakar pohon dengan suar yang dinyalakan di sepanjang jalan menuju lokasi latihan.

Kekesalan suporter itu berawal dari hasil buruk yang dialami Marseille musim ini. OM hancur lebur di Liga Champions dan menempati posisi ketujuh di Ligue 1, tercecer 14 poin dari pemuncak klasemen OIympique Lyon.

Mereka menuntut Eyraud untuk mundur dari posisinya, karena dianggap tak bisa membawa Les Phoceens meraih prestasi. Bek Alvaro Gonzales terkena proyektil saat berusaha menenangkan suporter yang menyerbu dan mengamuk tersebut.

Sedangkan Villas-Boas dikabarkan segera mundur dari kursi pelatih. “Saya kira begitu. Saya tidak punya informasi lain,” papar pelatih asal Portugal itu.

Didatangkan Marseille pada Mei 2019, AVB awalnya diharapkan bisa membawa klub yang bermarkas di Stadion Velodrome itu mengakhiri dominasi Paris Saint-Germain.

Pada musim pertamanya, mantan manajer Tottenham Hotspur itu tampak menjanjikan. Dia membawa Les Phoceens bertengger di posisi kedua, sebelum akhirnya kompetisi dihentikan total imbas pandemi Covid-19.

Memasuki musim 2020/2021, nasib baik tak berpihak kepada Marseille yang harus angkat kaki di babak penyisihan grup Liga Champions. Begitu pula di liga domestik, OM tercecer di posisi ketujuh dengan kemasan 32 poin.

Bahkan dalam lima pertandingan terakhir, Marseille harus menelan tiga kekalahan beruntun, sekali menang dan satu lagi imbang.

Ketika klub membutuhkan pemain bintang untuk mendongkrak penampilan, nyatanya Marseille malah menjual gelandang Morgan Sanson ke Aston Villa minggu ini. Pemain muda Marley Ake pergi ke Juventus dan Kevin Strootman dipinjamkan ke Genoa.

“Memang benar itu sedikit bertentangan dengan apa yang dikatakan manajemen, tapi ya saya pikir ini akan menjadi akhir,” tegas Villas-Boas.

“Saya pikir kita semua setuju ini jalan yang harus diambil. Sebelumnya, ada keributan, ada beberapa pembicaraan antara agen saya dan klub, sekarang sudah selesai,” pungkasnya.

Insiden fans menyerbu markas klub juga melanda Saint-Etienne. Suporter meminta Les Verts atay Si Hijau segera bangkit, namun mereka tidak melakukan perusaka seperti halnya fans Marseille.

Laga tandang Etienne melawan tuan rumah OGC Nice, Minggu (31/1), pun tetap dilangsungkan sesuai jadwal dengan hasil menang tandang 0-1

Etienne terjerembab di posisi 16 dan pekan lalu hancur lebur 0-5 kala menjamu Lyon dalam derbi Rhone-Alpes. Laporan media Prancis, Le Progres, suporter yang berjumlah sekitar 300 orang itu berteriak mengintimidasi sebelum menduduki pusat latihan.

“Kami ingin tim yang layak untuk penontonnya,” teriak mereka di halaman Stadion Aimé-Jacquet, ketika para pemain tengah berlatih sebagai persiapan akhir melawan Nice. (m08/afp)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2