Saroha Bersyukur Sabet Emas Tinju - Waspada

Saroha Bersyukur Sabet Emas Tinju

  • Bagikan
SAROHATUA Lumbantobing pose bersama Ketua Pengprov Pertina Sumut Romein Manalu. Saroha menyabet medali emas kelas 69 kg putra PON XX Papua.Waspada/ist

JAYAPURA (Waspada): Petinju Sumut Sarohatua Lumbantobing berhasil mendulang medali emas. Pria asal Taput ini menang angka atas Saputra Samada (NTB) dalam partai final kelas 69 kg putra PON XX Papua di Gor Cendrawasih, Kota Jayapura, Rabu (13/10).

Peraih perunggu PON XIX/2016 Jabar ini menjalankan instruksi pelatih Irianto Bakti yang memintanya untuk lebih banyak melayangkan pukulan tangan kanan dan menyasar bagian perut lawannya agar lawan jatuh.

Hal ini terbukti saat babak penyisihan Saroha menang KO ronde pertama atas petinju Buce Tibalimeten (Maluku). Begitu juga di babak semifinal berhasil menang KO atas Mendy petinju asal Jatim.

Namun pada partai final Saroha mendapat perlawanan sengit dari petinju NTB.  Serangan terus dilancarkan Saroha menerobos pertahanan Saputra Samada. Namun petinju NTB tersebut memberikan perlawanan yang berarti bagi Saroha.

Pada ronde pertama Saroha mengumpulkan poin 48 sementara lawannya 47. Memasuki ronde kedua, Saroha coba mencari kelemahan lawan sesuai instruksi sang pelatih. Meskipun mendapat pukulan keras, Saputra tetap tak tergoyahkan.

Ronde kedua, Saroha mengumpulkan nilai 48 dan Saputra 47. Selisih poin yang tipis tersebut membuat kedua petinju semakin agresif mengumpulkan angka penentuan kemenangan.

Saroha yang tampil penuh percaya diri dengan disaksikan Gubsu Edy Rahmayadi terus melancarkan pukulan ke petinju NTB. Akhir ronde ketiga menjadi milik Saroha dengan raihan angka maksimal 50 poin dan lawanya hanya 44. Hasilnya Saroha berhasil menang angka atas petinju peraih perak PON 2016 itu.

“Sangat bersyukur masih diberikan kesempatan dan kekuatan untuk saya hingga berhasil meraih medali emas di final untuk Sumatera Utara,” ujar Saroha usai pertandingan.

Sebelumnya, Saroha sudah pernah bertemu satu kali dengan Saputra dan kalah. Kini Saroha berhasil membalas kekalahan tersebut.

Ketua Pertina Sumut Romein Manalu mengatakan keberhasilan Saroha meraih emas tidak terlepas dukungan masyarakat Sumut di Papua yang memberikan semangat saat pertandingan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Gubsu Edy Rahmayadi dan jajaran pengurus KONI Sumut yang turut serta menyaksikan pertandingan dan memberikan support sehingga Saroha berhasil memberikan kontribusi medali emas untuk Kontingen Sumut,” tutupnya. (m18)

  • Bagikan