Samba, Samurai Biru Melangkah Mudah

  • Bagikan

TOKYO (Waspada): Juara bertahan Brazil dan tuan rumah Jepang, sama-sama melangkah mudah ke perempatfinal dengan menjuarai grup masing-masing pada cabang olahraga Sepakbola Putra Olimpiade 2020 Tokyo.

Jepang yang telah memenangkan kedua laga awalnya kontra Afrika Selatan dan Mexico, menyempurnakan lajunya dengan menggunduli tim kuat Prancis 4-0 pada laga pamungkas Grup A, Rabu (28/7).

Pasukan Samurai Biru sudah unggul dua bola saat memasuki rehat berkat gol striker Takefusa Kubo menit 27 dan Hiroki Sakai (34′). Empat menit setelah gol ketiga yang dicetak Koji Miyoshi (70′), Prancis justru mesti tempur dengan 10 pemain karena Randal Kolo Muani kena kartu merah menit 74.

Jepang memanfaatkan kondisi lawan untuk menambahkan satu gol lagi melalui

Daizen Maeda (90’+1′). Kemenangan telak itu membuat Samurai Biru menjadi satu-satunya tim yang meraih hasil sempurna di fase grup. Jepang melaju mudah dengan didampingi Mexico sebagai runner-up Grup A.

Sebelumnya di Grup D, Brazil memastikan diri menjadi juara grup setelah menang secara meyakinkan 3-1 atas Arab Saudi yang dimotori striker Richarlison (foto) di Saitama Stadium.

Saat pertandingan baru berjalan 14 menit, Tim Samba sudah berhasil membuka keunggulan melalui gol sundulan Matheus Cunha.

Arab Saudi sempat membalas menit 27. Bermula dari tendangan bebas Salman Al Faraj yang diteruskan dengan sundulan jarak dekat Abdulelah Al Amri yang masuk ke gawang kiper Santos. Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama.

Selecao memulai babak kedua dengan tetap memainkan gaya bermain menyerang. Beberapa peluang tercipta, tetapi belum memberikan hasil.

Baru menit 76, Brazil bisa menambah keunggulan lewat sundulan Richarlison usai menerima umpan dari Bruno Guimaraes.

Richarlison nyaris mencatatkan namanya untuk kedua kali di papan skor. Namun golnya pada bomber klub Everton itu menit 90 dianulir wasit karena dia sudah berada dalam posisi offside.

Samba terus mengurung pertahanan Arab Saudi dalam upaya menambah keunggulan. Menit 90+4 Richarlison mencetak gol keduanya usai menerima operan dari Reiner. Itu membuat Richarlison memimpin daftar top skor sementara dengan kemasan lima gol.

Brazil melaju dengan status juara Grup D, didampingi runner-up Pantai Gading yang secara mengejutkan mampu menahan tim favorit Jerman 1-1 di Miyagi Stadium.

Kedua tim harus berjibaku untuk memperebutkan tiket ke perempatfinal. Jerman tampil menekan sejak awal laga.

Kombinasi umpan apik pemain Jerman di sisi kiri menit 10, membuat Marco Ritcher punya ruang untuk melepas tembakan di kotak penalti. Namun upaya Ritcher masih melebar dari gawang Pantai Gading.

Der Panzer masih dominan hingga pertengahan babak pertama. Sebuah peluang emas dimiliki Nationalelf menit 25.

Berawal dari umpan terukur Max Kruse dari sisi kiri, Ragnar Ache yang berdiri di depan gawang menanduk bola, tetapi upayanya masih digagalkan mistar gawang.

Selepas jeda, kedua tim bermain lebih terbuka. Pantai Gading kemudian mampu memecah kebuntuan menit 67.

Bermula dari lemparan ke dalam di sisi kanan mengakibatkan sebuah kemelut di depan gawang Jerman. Benjamin Henrichs tak cukup baik mengantisipasi hal ini hingga sapuannya justru masuk ke gawang sendiri.

Jerman bisa menyamakan kedudukan menit 73. Bola sepakan bebas Eduard Loewen mampu memperdayai kiper Tape dan membuat kedudukan menjadi 1-1 yang bertahan hingga bubaran pertandingan. (m08/afp)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.