Waspada
Waspada » Rodrigo Tambahan Amunisi Berharga Leeds
Olahraga

Rodrigo Tambahan Amunisi Berharga Leeds

Leeds Live

LONDON (Waspada): Leeds United mendapat tambahan amunisi berharga jelang menjajal Liverpool pada pekan perdana Liga Premier 2020/2021, setelah mencapai kesepakatan untuk merekrut striker Rodrigo Moreno (foto) dari Valencia.

Klub promosi pasca menjuarai Divisi Championship itu tidak menyebutkan biaya transfer atau rincian kontrak yang diteken para pihak. Namun laporan di media Spanyol mengatakan bahwa Leeds akan mengeluarkan 30 juta euro atau sekitar Rp518 miliar ditambah 10 juta euro (Rp172 miliar) sesuai perjanjian kedua klub.

“Pada prinsipnya Valencia telah mencapai kesepakatan dengan Leeds United untuk transfer Rodrigo. Kini tergantung sang pemain untuk lulus tes medis, supaya semua dokumentasi serta formalitas dirampungkan,” kata Valencia, Rabu (26/8).

Rodrigo pernah mentas di Liga Premier ketika dipinjam Bolton Wanderers dari SC Benfica selama setahun pada musim 2010-2011.

“Inggris baik kepada saya. Anda pergi ke Inggris, Anda tentu tahu tuntutan fisik. Anda tidak punya pilihan selain beradaptasi dan itu membuat Anda tumbuh,” tutur Rodrigo.

“Bekerja di sana setiap hari membantu kita. Saya terlibat, itu adalah musim senior pertama saya dan saya belajar banyak,” kenangnya lagi.

Bomber berumur 29 tahun alumni Akademi Real Madrid itu mencetak 62 gol dalam 220 laga La Liga untuk Los Ches pada periode 2014-2020.

Dia pemain kunci terbaru yang dijual Valencia setelah kapten Dani Parejo dan Francis Coquelin pindah ke Villarreal awal bulan ini, sehingga memicu protes baru terhadap pemilik klub Peter Lim.

Kualitas Rodrigo membuatnya menjadi penyerang favorit pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique dan pendahulunya Robert Moreno. Dia membalas kepercayaan mereka dengan mencetak enam gol dalam sembilan pertandingan terakhirnya untuk El Matador.

Rodrigo hanya mencetak tujuh gol di semua kompetisi musim lalu di tengah cedera dan kekacauan internal Valencia akibat memecat pelatih favorit suporter Marcelino pada September. Los Ches akhirnya finis posisi kesembilan di La Liga 2019/2020.

Sebelum Rodrigo, Leeds telah mendatangkan bek berusia 18 tahun Cody Drameh dari sesama tim promosi Fulham. Meski masih remaja, Drameh punya peran penting di tim U-23 Fulham lewat 17 penampilan di Liga Premier 2 musim lalu dan tiga kali membala Timnas Inggris U-18.

Si Putih yang tak ingin hanya numpang lewat di Liga Utama Inggris juga telah mendaratkan sejumlah pemain baru. Di antaranya winger Helder Costa dari Wolves, kiper Illan Meslier dari Lorient dan pemain muda Charlie Allen dari Linfield.

Begitiu pula dengan penyerang Joe Gelhardt dari Wigan Athletic dan pemain sayap Jack Harrison dari Manchester City dengan status peminjaman. Leeds promosi lagi setelah absen 16 tahun dari Liga Premier. (m08/rtr)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2