Resep Rekor Italia - Waspada

Resep Rekor Italia

  • Bagikan
SUPERSUB Federico Chiesa merayakan golnya ke gawang Austria di hadapan tribun penonton Italia yang hadir di Stadion Wembley, London. The Mirror

LONDON (Waspada): Dua gol pada babak perpanjangan waktu dari dua pemain pengganti Federico Chiesa dan Matteo Pessina, Sabtu (Minggu WIB), membawa Italia ke perempatfinal Euro 2020 dengan menekuk Austria 2-1.

Kemenangan pada laga babak 16 besar di venue netral Stadion Wembley itu sekaligus membuat alenatorre Roberto Mancini mengukir rekor sebagai pelatih pertama yang mampu membawa Gli Azzurri tak terkalahkan dalam 31 laga beruntun.

Mantan manajer Manchester City dan Inter Milan itu melewati rekor legenda Vittorio Pozzo yang membawa Italia tak terkalahkan di 30 laga secara berturut-turut pada periode 1935 sampai 1939.

Ternyata resep Mancini sederhana saja untuk mengukir sejarah hebat tersebut, yakni dengan memposisikan 26 anggota skuadnya sebagai pemain pilihan pertama. Jadi saat Negeri Pizza mengalami kebuntuan seperti saat melawan Austria, pemain pengganti mesti menjadi supersub.

“Para pemain pengganti membuat perbedaan bagi kami. Tetapi semua orang memberikan yang terbaik malam ini,” ucap Mancini melalui Football Italia, Minggu (27/6).

“Saya senang karena para pemain memberikan segalanya untuk menang, bahkan ketika kami kelelahan,” puji mantan bomber Sampdoria dan SS Lazio berusia 56 tahun tersebut.

Leonardo Bonucci cs kali terakhir mengalami kekalahan pada September 2018 dengan skor 0-1 dari Portugal. Kini Mancini telah melampaui rekor terbaik milik Pozzo, Marcello Lippi, Ferruccio Valcareggi dan Azeglio Vicini.

Menurut Mancini, masuknya Manuel Locatelli dan Pessina menit 67 serta Andrea Belotti dan Chiesa menit 84, membuat perbedaan yang signifikan terhadap permainan Gli Azzurri. Chiesa dan Pessina lantas berbagi gol ke gawang Austria menit 95 dan 105 yang hanya mampu dibalaskan Sasa Kalajdzic menit 114.

“Austria bermain bagus sekali, tetapi kami memanfaatkan peluang dengan mencetak sepasang gol yang bagus. Saya kira kami pantas lolos,” tegas Chiesa.

“Kami sekelompok 26 pemain dan kami semua berusaha keras membantu tim untuk memenangi laga. Ini yang membuat perbedaan malam ini,” tambah penyerang Juventus tersebut.
Azzurri di babak berikutnya akan menjajal pemenang laga Belgia kontra Portugal di Allianz Arena, Munich, 3 Juli mendatang.

“Saya akan mengenang gol ini sepanjang karir saya. Dalam tim ini semua orang bisa mencetak gol. Itulah kekuatan kami, kami kelompok pemain yang hebat,” papar Pessina.

Gol Chiesa diawali dari umpan silang melambung dari sisi kiri lapangan yang dikirimkan Leonardo Spinazzola yang terpilih sebagai Star of the Match di Wembley. (m08/fi/afp)

  • Bagikan