Waspada
Waspada » Resep Real Libas Liverpool
Olahraga

Resep Real Libas Liverpool

BINTANG muda Real Vinicius Junior (tengah), membobol gawang Liverpool yang dikawal kiper Alisson Becker di Estadio Alfredo Di Stefano, Madrid. Marca

MADRID (Waspada): Entrenador Zinedine Zidane mengungkapkan resep sukses Real Madrid melibas tamunya Liverpool dengan skor 3-1 pada laga leg1 perempatfinal Liga Champions 2020/2021.

Dalam laga di Stadion Alfredo Di Stefano itu, Selasa (Rabu WIB), Vinicius Junior menjadi bintang kemenangan El Real dengan sumbangan dua golnya. Satu gol Madrid lainnya dicetak Marco Asensio, sedangkan gol balasan Si Merah disarangkan Mohamed Salah.

“Kami bersiap dengan baik untuk laga itu. Kami tahu kedua fullback mereka bertipe sangat menyerang, jadi kami bisa menderita,” jelas Zidane di laman resmi Madrid, Rabu (7/4).

“Kami mesti bersiap dengan baik. Tentu itu semua tergantung anak-anak di lapangan untuk melakukan tugasnya,” tegas gelandang legendaris Prancis, Los Blancos dan Juventus tersebut.

Garis pertahanan tinggi khas The Reds lantas dieksploitasi Toni Kroos cs hingga berkali-kali menimbulkan bahaya bagi tim tamu. Selain berhasil membatasi akselerasi bek sayap kembar Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson, Karim Benzema dan kawan-kawan juuga sering memaksa pemain Liverpool melakukan blunder.

“Kami memang berkeinginan main dengan formasi 4-3-3 dan tetap mengacu pada apa yang sudah disiapkan. Saya senang dengan penampilan anak-anak,” puji Zidane.

Menit 27 Kroos mengirimkan umpan lambung dari tengah lapangan yang bisa dikendalikan Vinicius sembari melepaskan diri dari kawalan Nathaniel Phillips serta Alexander-Arnold. Setelah itu dia melepaskan tembakan penyelesaian apik demi memperdaya kiper Alisson Becker.

Buruknya permainan Marseyside Merah terus dimanfaatkan kubu tuan rumah yang menggandakan keunggulan menit 36. Umpan sundulan Alexander-Arnold ke arah Alisson bisa dipotong Asensio yang kemudian menyontek bola melewati kiper berkumis asal Brazil itu.

Manajer Juergen Klopp segera melakukan perubahan tiga menit jelang turun minum di lapangan tengah Liverpool. Dia menarik keluar Naby Keita dan memasukkan Thiago Alcantara.

Merah mengawali paruh kedua dengan lebih baik dan mampu memperkecil ketertinggalan enam menit selepas sepak lanjut melalui Salah.

Berawal dari aksi Diogo Jota menerobos lini pertahanan Real dan tembakannya dihalau Luka Modric. Tetapi bola pantul jatuh di hadapan Salah yang sepakannya tak mampu dihentikan kiper Thibaut Courtois.

Madrid mampu merestorasi keunggulan dua golnya menit 65 dengan memanfaatkan situasi lemparan ke dalam. Umpan tarik Modric lantas disambar dengan baik oleh Vinicius.

“Ini hasil yang bagus. Kami telah bekerja keras sepanjang tahun untuk dapat memenangkan pertandingan-pertandingan pada momen terbaik musim ini,” tegas Vinicius.

“Kami tidak membiarkan mereka menciptakan permainan. Kami harus terus tampil seperti ini dan bermain dengan cara yang sama,” harap bintang belia Brazil berusia 20 tahun tersebut tersebut.

Hasil itu jelas menjadi modal berharga bagi pasukan Zidane menatap leg2 pekan depan di Stadion Anfield. Sebaliknya Liverpool wajib menang dengan skor minimal 2-0 jika ingin membalikkan keadaan dan mengamankan tiket semifinal.

“Di babak kedua mereka bermain dengan intensitas lebih tinggi dan mendapatkan gol. Itu sedikit kurang beruntung buat saya, tapi kami tetap mencoba untuk tenang dan mengemas gol ketiga,” tegas Courtois.

“Kini kami di posisi yang bagus. Tapi kami tahu Anfield selalu menjadi tempat yang sulit untuk dikunjungi,” pungkas mantan penjaga gawang Chelsea asal Belgia itu. (m08/mrc/fe)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2