Waspada
Waspada » Rekor Baru Liverpool Lengkapi Laju Reds
Olahraga

Rekor Baru Liverpool Lengkapi Laju Reds

Rekor Baru Liverpool :TIM U-23 Liverpool mengukir rekor termuda saat mengatasi Shrewsbury Town pada laga replay Putaran IV Piala FA di Stadion Anfield.(Forbes)

LONDON (Waspada): Rekor baru Liverpool kembali ditorehkan saat menjamu Shrewsbury Town, mengantarkan tim muda Liverpool ke babak 16 besar Piala FA dengan kemenangan 1-0 di Stadion Anfield, Selasa (Rabu WIB).

Gol bunuh diri pemain Shrewsbury Town Ro-Shaun Williams tak sengaja menyundul bola ke gawang sendiri setelah berusaha mementahkan umpan jauh yang justru melewati kepala kiper Shrewsbury menit 75. Itu sudah cukup membawa The Reds melaju sebagai penantang Chelsea pada putaran kelima, Maret mendatang.

Dalam laga replay Putaran IV setelah kedua tim bermain seri 2-2 bulan lalu di Shrewsbury, manajer Jurgen Klopp mengistirahatkan pemain intinya terkait jeda musim dingin. Liverpool menurunkan para pemain muda di bawah pelatih U-23 Neil Critchley.

Rekor Baru Liverpool didapat karena mengukir sejarah menurunkan starting eleven termuda sepanjang sejarah klub dengan usia pemain rata-rata 19 tahun 102 hari.

Rekor itu mengalahkan catatan sebelumnya, saat The Anfield Gank takluk 0-5 dari Aston Villa pada perempatfinal Piala Liga Inggris dengan usia 19 tahun 182 hari.

Menurut Critchley, Harvey Elliott dan kawan-kawan mendapatkan semangat dari Klopp untuk tampil atraktif. “Bos (Klopp) sempat memberikan nasihat dan dorongan semangat sebelum pertandingan,” ungkapnya.

“Saya belum mengecek telpon seluler saat ini, namun saya mendapatkan kabar dari staf kami bahwa Klopp puas dengan permainan yang kami tampilkan,” beber Critchley di laman resmi Liverpool, Rabu (5/2).

Jalannya Pertandingan

Para pemain muda Merah mendominasi laga pada 30 menit pertama melawan tim Liga Satu yang lebih berpengalaman. Neco Williams hampir mencetak gol setelah tendangannya melebar dari gawang beberapa satu setelah laga memasuki tetap satu jam.

Tuan rumah Liverpool sempat kebobolan, namun intervensi VAR menggagalkan gol dari sundulan kepala Shaun Whalley karena dianyatakan terlebih dahulu offside.

Williams kemudian menghadiahkan gol kepada The Anfield Gank ketika sundulan yang tadinya untuk menyelamatkan gawangnya malah lolos dari tangkapan kiper O’Leary.

Perpanjang Rekor

Hasil ini membuat Reds memperpanjang rekornya menjadi 35 kali menang dan lima imbang dalam 40 partai terakhir di Anfield. Catatan luar biasa itu semakin indah karena dalam tujuh pertandingan terakhir gawang Liverpool tak pernah kebobolan. Permainan apik jadi kunci bagi Liverpool untuk terus menjaga catatan manis mereka di kandang sendiri.

Curtis Jones juga ikut mengukir rekor sebagai kapten termuda sepanjang sejarah Merah. Pemain berusia 19 tahun lima hari itu memecahkan rekor Alex Raisbeck yang berusia 120 tahun ketika menjadi kapten termuda The Reds.

“Perasaan yang luar biasa. Para pemain, pelatih, staf yang telah berlatih sepanjang minggu benar-benar fantastis,” jelas Jones.

“Tentu momen membanggakan bagi saya untuk menjadi kapten termuda The Reds. Saya senang bahwa kami menambahkannya dengan kemenangan untuk penggemar hebat kami,” pungkasnya. (m15/rtr/le)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2