Waspada
Waspada » Rashford Galang Bantuan Rp2 M
Olahraga

Rashford Galang Bantuan Rp2 M

MEN
MEN

LONDON (Waspada): Penyerang Manchester United Marcus Rashford (foto), menggalang dana bantuan lebih dari 100 ribu pounds atau sekira Rp2 miliar untuk bank makanan bagi anak-anak yang terdampak pandemi global virus corona.

Inggris saat ini masih menerapkan karantina wilayah sebagai pencegahan persebaran virus corona. Sekolah ditutup dan banyak anak-anak yang selama ini mengandalkan makan siang gratis di sekolah kini terancam tak bisa makan.

“Banyak yang mengalami situasi lebih buruk dibandingkan apa yang saya lewati sewaktu kecil,” ucap Rashford, seperti dikutip dari The Times, Jumat (3/4).

“Mereka bahkan tidak makan lagi di rumah. Jadi saya tergerak untuk membantu,” beber bomber andalan Timnas Inggris yang sedang cedera tersebut.

Rashford yang mengaku mengandalkan makan siang sekolah pada masa kecilnya, menginisiasi penggalangan dana menggandeng yayasan FareShare untuk mendistribusikan makanan ke banyak sekolah dan pusat-pusat komunitas.

Angka 100 ribu pounds yang ditargetkan Rashford untuk membantu sedikitnya 400 ribu anak, cepat tercapai seketika dia mengumumkan kampanyenya itu di media sosial miliknya.

“Fakta masih banyak orang yang tidak bisa makan itu sungguh keterlaluan,” tutur striker berumur 22 tahun tersebut.

“Hampir satu juta anak di Inggris terbantu oleh FareShare setiap pekannya. Angka itu mengagetkan saya,” klaim Rashford.

Sebelumnya, jumlah dana yang sama juga didonasikan oleh Manchester United dan Manchester City untuk membantu bank makanan, yang biasanya digalang suporter setiap pertandingan.

Rashford masih memulihkan diri dari cedera punggung yang dideritanya. Dia awalnya diragukan bisa main lagi musim ini, tetapi Liga Inggris 2019/2020 masih ditangguhkan setidaknya hingga 30 April, membuka kembali kesempatan Rashford untuk merumput.

Terpisah Carlos Tevez, mantan striker Manchester Merah dan Manchester Biru, meminta insan sepakbola harus berbuat lebih banyak untuk membantu masyarakat yang paling tidak beruntung akibat wabah virus corona.

Tevez yang berada pada bulan-bulan terakhir kontraknya bersama Boca Juniors, mengatakan pesepakbola papan atas punya cukup uang untuk disisihkan agar mereka bisa melewati masa-masa sulit.

“Para pesepakbola bisa hidup enam bulan atau setahun (tanpa bayaran). Mereka tidak dalam keadaan putus asa dibanding anak-anak lain hari demi hari,” jelasnya.

“Ayah mereka harus meninggalkan rumah pada jam enam pagi dan kembali pada tujuh malam untuk memberi makan keluarga. Kita harus berada di sana dan membantu mereka,” pinta Tevez.

Selain United dan Citiy, Tevez juga yang pernah menjadi penyerang andalan Corinthians, West Ham United dan Juventus. Dia berharap pandemi virus corona akan memaksa orang untuk mengubah perilaku.

“Kita harus bersyukur bahwa kita aman dan sehat. Penting bagi semua orang untuk bersatu dan berusaha membantu orang yang paling membutuhkan,” tegas Tevez.

“Saya berharap dunia menunjukkan solidaritas yang lebih besar. Kita menyadari bahwa kita semua sama. Ini menyerang kita semua dengan cara yang sama,” pungkasnya. (m15/tms)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2