Waspada
Waspada » Rapit Test Atlet Sumut Perlu Kesepakatan
Olahraga

Rapit Test Atlet Sumut Perlu Kesepakatan

KOMANDAN Pelatda PON 2020 Prof Dr Agung Sunarno (3 kiri) didampingi Sekretaris Mesnan MKes, memimpin rapat virtual Wasping dengan dipantau Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis (4 kiri), Wakil Ketua II Sakiruddin dan Sekum Chairul Azmi Hutasuhut, Jumat (12/6). Waspada/Jonny Silalahi

MEDAN (Waspada): Komandan Pelatda PON 2020 KONI SumutSumatera Utara Prof Dr Agung Sunarno MPd memahami pentingnya rapid test bagi atlet dan pelatih dalam masa pandemi virus corona sekarang ini.

Hanya saja untuk melaksanakannya, KONI Sumut harus mendiskusikan sekaligus menyepakati lebih dulu dengan 28 induk organisasi pengurus cabang olahraga peserta Pelatda PON 2020.

Demikian ditegaskan Prof Agung Sunarno dalam rapat virtual yang berlangsung sekitar 90 menit dengan Petugas Wasping (Pengawasan dan Pendampingan) Pelatda PON KONI Sumut, Jumat (12/6) siang.

“Kita paham rapid test sangat perlu. Tapi usulan ini akan kita diskusikan sekaligus perlu kesepakatan dengan induk cabang olahraga masing-masing atlet dan pelatih kita,” papar Prof Agung yang memimpin rapat virtual didampingi Sekretaris Pelatda Mesnan MKes.

Rapit test ini diusulkan Wasping Cabor Sepakbola M Zeini Zen yang merasa itu penting, apalagi atlet pelatda banyak yang melakukan latihan mandiri di kampung masing-masing dan belum kembali ke Medan.

“Atlet sepakbola latihannya dengan klub di dekat rumah mereka. Tapi sepertinya cuma yang latihan dengan klub PSAD (Persatuan Sepakbola Angkatan Darat) saja yang menerapkan social distancing (jaga jarak sosial),” ucap Zen.

Menurut M Syahrir, Wasping Cabor Senam, latihan mandiri selama masa pandemi virus corona ini sebenarnya sulit sekali mendapat hasil maksimal sebagaimana halnya latihan di masa normal.

“Atlet senam latihan pagi di rumah masing-masing. Tapi untuk sesi sore dan malam hari, mereka latihan di Gedung Jefta Hutabarat,” beber Syahrir.

Mantan Ketua PWI Sumut itu lantas memberi apresiasi secara khusus kepada atlet senam ritmik yang menambah persiapannya dengan Zoom Meeting bersama pelatih asal Rusia.

 Prof Agung yang juga Wakil Ketua I KONI Sumut mengatakan, latihan mandiri memang sulit untuk mendapatkan hasil maksimal. “Tapi atlet harus tetap berlatih dan tidak boleh berhenti, termasuk dalam masa pandemi seperti sekarang,” tegas Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unimed tersebut.

Wasping yang turut interaktif dalam rapat virtual itu di antaranya Dr Sanusi Hasibuan (cabor tinju), SR Hamonangan Panggabean (wushu), Suhar Munir (sepatu roda), Benny Pane (muaythai), Joshua Sinurat (sepaktakraw), Roberto Sembiring (gulat) dan Hermansyur (angkat besi/berat).

Turut terhubung dr Riyadh Ikhsan (medis), Doris Apriani Ritonga (psikolog), Dr Arifin Saleh Siregar (wasping bulutangkis), Wiko L Siregar (voli), Jonny R Silalahi (futsal), Pujianto (biliar), Sofyan Yahya (catur) dan Dahliana (panahan).

Hindari Keramaian              

Rapat virtual dimonitor Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, didampingi Wakil Ketua II Sakiruddin, Sekretaris Chairul Azmi Hutasuhut, Wakil Sekretaris Yanto Pasaribu dan Bendahara Agung Santoso.

John Lubis kepada Wasping meminta supaya mengingatkan para atlet untuk tetap menghindari tempat keramaian, meski kondisi saat ini diklaim memasuki fase new normal.

Pihaknya memahami bahkan mengapresiasi besarnya hasrat dan keinginan para atlet untuk kembali menjalani latihan secara normal, seperti sebelum pandemi Covid-19.

“KONI Sumut masih menerapkan program latihan mandiri dan tahu ada di antara atlet yang melaksanakan latihan di luar rumah. Itu mungkin cara untuk menghilangkan rasa jenuh para atlet, karena sejak April terus berlatih di rumah,” jelas John Lubis.

“Namun atlet harus tetap mematuhi protokol Covid-19 dan yang paling penting lagi hindari tempat-tempat keramainan. Protokol kesehatan sudah kita terima dari Kemenpora dan nanti akan dibagikan untuk dipelajari dan dilaksanakan,” ujarnya lagi.

Dia pun mengapresiasi para Wasping yang tetap semangat melaksanakan tugas pengawasan dan pendampingan, lengkap dengan laporan berupa foto maupun video latihan atlet setiap sesi pagi dan sore.(m08)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2