Quartararo Makin Kokoh, Marquez Sial - Waspada

Quartararo Makin Kokoh, Marquez Sial

  • Bagikan

SILVERSTONE (Waspada): Fabio Quartararo (foto) memenangi balapan MotoGP Inggris 2021 di Sirkuit Silverstone, Minggu (29/9), pada balapan yang diwarnai kecelakaan nahas Marc Marquez di lap pertama.

Pol Espargaro yang memulai balapan dari pole tampil sempurna dan unggul atas kakaknya, Aleix Espargaro, di awal balapan. Marquez langsung mengalami nasib sial di awal balapan setelah terlibat kecelakaan dengan Jorge Martin di antara tikungan delapan dan sembilan.

                                             

Kedua pebalap sudah senggolan di tikungan lima. Setelah Martin sempat melebar, Marquez dan pebalap Pramac itu akhirnya bersenggolan hingga terjatuh.

Hasil itu cukup mengecewakan bagi Repsol Honda. Pasalnya, Marquez sempat menunjukkan performa yang apik untuk setidaknya merebut podium setelah start dari posisi lima.

Perubahan posisi baru terjadi di lap keempat. Quartararo sukses menyalip Aleix dan pebalap Aprilia itu kembali turun ke posisi empat setelah disalip Bagnaia. Namun, Aleix sukses kembali menyalip Bagnaia di tikungan pertama lap kelima.

Quartararo kemudian memimpin balapan di lap kelima. Pol turun ke posisi ketiga setelah disalip Aleix di lap keenam. Memasuki lap delapan, Quartararo sudah unggul 1,8 detik atas Aleix. Satu lap kemudian Pol kehilangan posisi podium setelah disalip Alex Rins.

Di lap ke-12, Rins memanfaatkan kesalahan Aleix untuk berada di posisi kedua. Rins tampil luar biasa dengan sudah berada di posisi kedua di setengah balapan setelah start dari posisi 10.

Rins harus bekerja keras untuk bisa menang di MotoGP Inggris 2021. Pasalnya, Rins terpaut hingga 3,4 detik atas Quartararo setelah sukses menyalip Aleix.

Quartararo berhasil mempertahankan keunggulan hingga akhir balapan dan menang MotoGP Inggris 2021 setelah mengalahkan Rins. Podium ketiga menjadi milik Aleix yang mampu mengalahkan Jack Miller di balapan sengit hingga tikungan terakhir.

Kemenangan di MotoGP Inggris 2021 membuat Quartararo semakin kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 206 poin. Posisi kedua ditempati Joan Mir dengan 141 poin yang terpaut 65 poin.

Francesco ‘Pecco’ Bagnaia turun dua posisi ke peringkat empat dengan 136 poin setelah finis 14 di MotoGP Inggris 2021. Posisi ketiga ditempati Johann Zarco dengan 137 poin.

            Sementara itu, Marc Marquez mengulangi rekor buruk musim 2015 setelah mengalami kecelakaan dan gagal finis pada balapan MotoGP Inggris 2021 di Sirkuit Silverstone.

Hasil di MotoGP Inggris 2021 membuat Marquez gagal finis untuk kali keempat musim ini setelah tiga kali beruntun di MotoGP Prancis, Italia, dan Catalunya.

Catatan itu membuat Marquez mengulangi rekor buruk di MotoGP 2015. The Baby Alien untuk kali pertama sejak musim 2015 gagal finis hingga empat kali dalam satu musim.

Pada MotoGP 2015, Marquez gagal finis hingga enam kali. Itu adalah gagal finis terbanyak Marquez dalam satu musim di MotoGP, dan terjadi di satu-satunya musim ketika The Baby Alien gagal menjadi juara dunia sebelum kecelakaan hebat di MotoGP 2020. (m18/mgp)

  • Bagikan