Puluhan Offroader Ramaikan GIXA 2021 - Waspada

Puluhan Offroader Ramaikan GIXA 2021

  • Bagikan
SALAH satu peserta melalui jalur menantang yang menjadi rute Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2021. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Green International Xtreme Adventure (GIXA) Offroad kembali digelar tahun 2021. Ajang yang berlangsung selama delapan hari itu menjadi tantangan tersendiri bagi offroader yang mengikutinya.

Sebanyak 75 peserta dilepas Wakil Bupati Tapanuli Utara (Taput) Sarlandy Hutabarat di Lapangan Stadion Serbaguna Tarutung di Tapanuli Utara pada Sabtu (6/11). Jumlah 75 peserta dengan rincian 49 unit mobil 4×4 dan 26 unit motor trail.

Peserta berasal dari berbagai daerah seperti Sumatera Barat, Aceh, Jambi, Lahat, Riau, Babel, Kepri, DKI Jakarta, dan sejumlah kota di Sumatera Utara.

Event yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan & Pariwisata Sumatera Utara ini memang menjadi agenda rutin. “Ini kegiatan yang ke-7 kalinya diadakan,” ujar Ahmad Untung Lubis selaku Ketua Panitia Pelaksana GIXA 2021, Senin (15/11).

“Tujuannya agar offroader bisa menikmati alam dan wisata sekaligus bakti sosial serta peduli lingkungan dengan penanaman bibit pohon di Bumdes Simorangkir,” timpal Ican Nasution dari Procom.

“Itu sesuai dengan konsep kegiatan yang diusung setiap gelaran GIXA. Tapi jangan anggap enteng track yang dilalui, apalagi tengah musim hujan. Jalur yang waktu survey kering, bisa berubah menjadi jalur neraka,” tambahnya.

“Trek lumayan sedap. Kami sedang tertahan di Winching Point (WP) 73 antara Base Camp (BC) 4-5. Nampaknya ini yang paling berat, main di batu-batu besar, banyak lumpur. Satu tim bisa satu hari. Banyak juga yang ambil jalan pintas ke luar,” cerita Musni Haffas, Ketua Indonesia Offroad Xpedition (IOX) Aceh yang lebih familiar dipanggil Alex.

“Treknya cukup lengkap, handicap beragam, jadi kenyang. Ada miring ke kiri dan kanan, main air, winching panjang sampai 40 meter, turunan tajam dan pendakian tinggi. Pokoknya ngeri-ngeri sedaplah,” sebut Yayan Afrian, Ketua IOX Sumatera Barat yang turun bersama Jam Gadang Offroad (Jagord) dari Bukittinggi.

Akhirnya semua peserta finish di Hutaginjang. Meski tak semua offroader bisa menuntaskan sesuai jalur yang ada. Dalam kesempatan itu peserta GIXA 2021 juga melakukan acara bakti sosial membagikan tas dan buku tulis kepada 100 pelajar SD di Hutaginjang. (m18)

  • Bagikan
Search and Recover