Pujian Tim Pelapis Inggris - Waspada

Pujian Tim Pelapis Inggris

  • Bagikan
Twitter

ANDORRA (Waspada): Manajer Gareth Southgate memuji tim lapis kedua Inggris yang sukses menggunduli Andorra 5-0 pada matchday 7 Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup I Zona Eropa.

Dalam laga tandang di Estadi Nacional d’Andorra itu, Sabtu (Minggu WIB), Southgate menurunkan barisan pemain yang sangat berbeda dari skuad andalannya ketika mencapai final Euro 2020 lalu.

Hanya bek sentral John Stones dan bek kanan Kieran Trieppier yang dipertahankannya sebagai starter dari skuad yang dikalahkan Italia pada partai puncak Piala Eropa yang tertunda setahun penyelenggaraannya tersebut.

Namun Inggris-B tetap mampu mendominasi permainan dan serangan. The Three Lions sudah unggul dua bola pada babak pertama berkat gol Ben Chilwell (foto tengah) dan Bukayo Saka. Pada babak kedua, tiga gol tambahan digelontorkan Tammy Abraham, James Ward-Prowse dan Jack Grealish.

“Ada beberapa momen menyenangkan di sini. Chilwell mencetak gol setelah mengalami masa-masa sulit di musim panas bersama kami, saya sangat senang untuk dia,” ucap Southgate lewat Sky Sport, Minggu (10/10).

“Begitu juga Jack, Tammy, Prowsey dan Bukayo. Mereka semua tidak sering mencetak gol untuk Inggris, jadi ini momen spesial bagi mereka semua,” puji mantan bek Aston Villa dan Middlesbrough tersebut

Hampir di semua lini termasuk di bawah mistar, Southgate menurunkan pemain pelapis dengan memakai nomor kostum pemain utama. Sam Johnstone menjadi penjaga gawang dengan memakai nomor 1 yang biasa dipakai kiper utama Jordan Pickford yang memakai nomor 22.

Tim tamu memecahkan kebuntuan menit 17. Phil Foden mengirimkan umpan lambung ke kotak penalti dan diterima Sancho yang lolos dari penjagaan lawan. Sancho kemudian mengopernya kepada Ben Chilwell yang menyarangkan bola ke gawang Andorra.

Gol itu membuat Tim Tiga Singa makin bersemangat lagi. Menit 23 Abraham punya peluang lewat sundulan, tetapi bola masih bisa ditepis Josep Gomes dari jarak dekat.

Upaya Inggris menambah keunggulan baru tercapai menit 44. Berawal dari umpan lambung Foden ke sisi kiri kotak penalti, bola diterima Saka sebelum melepaskan tembakan ke pojok atas gawang lawan.

Selepas jeda, pasukan Southgate menaikkan intensitas serangannya. Menit 59 Abraham mencatatkan namanya di papan skor berkat sambarannya dari jarak dekat usai memanfaatkan umpan silang Sancho.

Inggris meraih gol keempatnya menit 79, setelah Grealish dilanggar Jesus Rubio di kotak terlarang Andorra. Ward-Prowse maju untuk menendang, sepakannya sempat ditepis Gomes. Namun bola muntahnya dengan cepat disambar Ward-Prowse untuk membuat skor 4-0.

Grealish menutup kemenangan Inggris menjadi 5-0 menit 86. Berawal dari Johnstone yang melempar bola dari kotak penalti Inggris yang mencapai Grealish untuk melakukan serangan balik dan menutupnya dengan sepakan ke pojok kanan gawang tuan rumah.

“Itu jenis tantangan yang spesifik, pertahanan mereka rendah dan penuh sesak untuk dihancurkan. Kami memilih tim dengan pemain yang dapat mengambil tantangan itu,” sanjung Southgate.

“Anda melihat itu dengan tautan bermain dari lini tengah khususnya. Tapi saya pikir aplikasinya di seluruh lini semuanya bagus sekali,” pungkasnya.

Hasil ini membuat Inggris makin kokoh memuncak klasemen Grup I dengan kemasan 19 poin dari tujuh laga. Andorra terbenam di dasar klasemen dengan tiga poin. (m08/sky/rtr)

  • Bagikan